Masa Perkenalan

Minggu, Juli 24, 2011

oke. Sekarang kita masa perkenalan siswa/i dan mahasiswa/i aja yah.

Gue telah melalui 3 tahap masa orientasi. Yang pertama dari SD ke SMP, lalu dari SMP ke SMA, dan dari SMA ke universitas. Untuk yang dari SD hingga SMA, namanya masih sama yaitu MOS (masa orientasi siswa) yang tujuannya adalah untuk mengenalkan hal-hal yang menyangkut sekolah baru ini.
Di dalam kegiatan MOS, kita di perkenalkan dengan kultur sekolah beserta warga sekolahnya. Yah biasalah yah kegiatannya adalah diem di kelas dikasih materi wasantara (wawasan nusantara), etika berperilaku, keagamaan, dll. Lalu kegiatan outdoornya biasanya baris dilapangan terus senam atau games minta tanda tangan senior, display ekskul, dan apel pagi sore tentunya. Yah sebenrnya cuma gitu-gitu doang, namanya juga orientasi (pengenalan). Kalau ada bentak-bentak marah-marah sih sejauh yang gue rasakan paling juga bentak atau marah ya karena kita memang salah atau sengaja di salah-salahin. Tapi sejauh pengalaman gue, gak lebay kok cuma emang tampang senior aja yang suka di galak-galakin yang bikin zzzzz. Sejauh ini baik-baik aja kok.

MOS SD ke SMP
Gue mengalami ini sekitar tahun 2004 di SMP gue yang terletak di Jl. Kartini 16. Gue agak lupa-lupa inget sih bagaimana detailnya.Yang gue inget adalah kami di beri tugas bikin buku tugas yang isinya sejarah, peta, dan berbagai halaman tanda tangan warga sekolah. Masih menggunakan seragam putih merah rasanya culun banget ya berada diatara putih biru dongker. haha Udah itu di kucir empat (sesuai nama SMP), bawa-bawa name tag(gue lupa bentuknya, suerr), malu-malu sama kakak kelas yang masih pada bocah juga tapi udah sok tua, liat demo ekskul yang akhirnya gue harus memilih PMR karena gue gak mau pramuka. haha Gak banyak yang gue inget dari sini. Maklum, short memory syndrome. Yang pasti, gak ada kok acara keras-kerasan cuma yang wajar-wajar aja lah ya. Biasa buat ngebangun metal.

MOS SMP ke SMA
Ini paling gak kerasa tau-tau udah mau masuk SMA aja. Kalau ini sekitar tahun 2007. Gue sebenernya agak gimana gitu sama ini sekolahan ya abis gue awalnya gak mau sekolah disini, tapi kalau gak disini, gue juga gak tau pengen sekolah dimana. Yang mengejutkan lagi, saat detik pengumuman siba, gue berharap keterima juga. haha Yah seperti sebelumnya, gue degdegan juga meghadapi MOS apalagi sekarang. Ini semua gara-gara televisi yang sering menyorot kekerasan saat orientasi, gue jadi berlebihan ngeri takut dikerjain. Apalagi disini gak ada yang gue kenal. Anak-anak SMP gue kalau gak ke sma yang di juanda ya yang di manunggal. Jarang yang ke 3. Jadi kekhawtiran anak SMP kayak gue beralasan lah ya. haha
Sama seperti waktu ke SMP, ke SMA juga disuruh bikin name tag, buku tugas dan segala rupa. Yang gue alami juga gak jauh beda kayak waktu SMP cuma orang-orangnya aja beda. Di SMA orangnya lebih sok tua lagi. Biasalah namanya juga remaja labil. Ada yang sok TP, sok jaim, dan blabla kelakuan remaja wajar lah. Biasa banget itu sih. SMA kan emang masa-masanya nyari jati diri mau jadi kayak gimana nantinya. Tapi, bedanya SMP dengan SMA, seniornya bisa lebih jahil dan sok galak lagi. Itu kadang ngebetein, mentang-mentang duluan masuk jadi sok tua dan ingin di tuakan. haha peaceeeee
Sejauh yang gue alami sih, gak ada juga kok adegan marah-marah gak ada juntrungannya (atau gue udah lupa yah?). Yah pokoknya wajar aja, justru yang bikin stress itu waktu udah regulernya.

Masa Perkenalan Mahasiswa baru
Ini sih baru gue alami tahun 2010 lalu. Dan seperti masa perkenalan lainnya.. ini juga disuruh bikin tugas baik individu atau kelompok yang ribet, bahkan ada pra-nya juga. Dari beberapa tugas individu yang disuruh, gue cuma ngerjain beberapa, buku tugas gue juga gak penuh yang penting ada nama, nim, foto, alasan... yah pokonya 3 halaman pertama gue isi, selebihnya setengah-setengah. Sempet khawatir bakal di hukum sih, tapi ujung-ujungnya yasudahlah. Yang jelas dari 3 hari itu, gue ikutin semua looooh. haha bangga gitu meski gue sempet gak bawa handuk dan ketauan jadi kena baris beda. Yah acaranya sih sama aja ya, cuma kumpul baris, kumpul di grawida dan pengenalan kampus secara menyeluruh, yel-yel, hiburan-hiburan.. intinya sih asik-asik aja meskipun banyak yang ngeluh (gue juga sih). Hari terakhirnya justru seru karena beraksi. Simulasi aksi dari gor ke gym bikin barisan sambil nyanyi totalitas perjuangan dan disiram-siram air tanah. Seru-seru aja sih gue nikmatin aja sekali seumur hidup. haha tapi... yang agak nyebelin adalah kalau orang di samping kanan atau kiri, depan atau belakang lo yang ngeluh abis-abisan. Cerewet banget.. kerjaanya komentar melulu.. bilang sok ini lah sok itulah.. gak penting lah. Gue tau, lo itu terpaksa--gue juga tapi setidaknya diem aja bisa kali gak usah komentar terus. Gue juga awalnya ngeluh terus ini acara apa sih--tapi akhirnya gue ikhlasin aja daripada buang-buang energi ngedumel terus.
Bedanya ini dengan SMA, kalau ini kelihatan serius banget gak kaya SMA. muka komdisnya galak-galak dan lebih disiplin. hehe yaiyalah -____- Oiya, ini juga dikasih makan gak kaya waktu SMA suruh bawa bekel sendiri. Makanan seadanya dengan waktu seadanya juga. haha gak apa-apa lah ya. Dan oh ya, tiap mobilisasi selalu disuruh lari-lari. Jadi, pakailah sepatu yang enakeun. aha


Dan tahun ini gue masih ada masa perkenalan fakultas dan departemen. Artinya masih panjang. Ini akan dimulai dari agustus nanti hingga selesai, tapi jangan tanya gue kapan selesainya karena gue gak tau kapan. haha
Jadi, sebenernya kalau ada acara orientasi itu.. ikutin aja meskipun agak mau gak mau alias terpaksa. Nanti juga kalau diinget-inget cengar cengir sendiri. Nikmatin aja, itu kan cuma sebagai proses kecil yang harus kita lalui. Sayang banget kalau di lewatkan karena lo menutup kesempatan untuk mengenal sekolahan lo beserta isi-isinya lebih dekat. Ormed dikit lah ya bisa juga. Yahkan lo juga bisa bilang juga itu acara penyambutan buat anak-anak baru. Meskipun kadang membosankan dan lo berfikir 'apaan sih ini?' tapi asli deh itu bakal buat cerita baru di hidup lo. Belum tentu loh event itu dateng lagi dan rasanya sama kayak lo bareng-bareng temen seangkatan.

Jadi... SELAMAT DATANG UNTUK SISWA/I BARU dan MAHASISWA/I BARU di tempat studinya yang baru!!! Semakin berkurang umur, sikapnya harus lebih dewasa loh ya. #ehnaonboa

You Might Also Like

0 komentar