Cara Beli Album K-pop di Ktown4u 2021

Sabtu, November 24, 2018

Beli album Kpop langsung dari Korea memang menggoda sih, kita gak perlu nunggu-nunggu dari olshop Indonesia yang kadang suka gak jelas kapan dikirim dari Korea, kapan giliran kirim ke rumah apalagi kalau orderan olshop sampe ribuan. Kebayang ribetnya di bea cukai, terus datangnya pasti bertahap dan lamaaaa wkwk Soalnya gak bisa langsung 4000 album bareng--apalagi kalau yang menghindari pajak kayak.... tragedi 2017 itu. Gara-gara itu, aku jadi orang yang gak sabaran dan suka suudzon pada empunya OS. 

Untuk kamu yang tinggal di Indonesia dan mau beli album langsung dari Korea, ada beberapa website yang menyediakan pilihan pengiriman ke Indonesia langsung. Contohnya Gmarket, Synnara, Kpoptown, dan Ktwon4u. Untuk nulis artikel ini, aku cuma membandingkan Gmarket, Synnara dan Ktown4u. Dan setelah dipikirkan dengan matang, aku pilih pesan di Ktown4u.

Kenapa pesan di Ktwon4u?


1. Ada opsi pengiriman selain EMS, yaitu Registered Small Packet dan K-Packet yang harganya lebih bersahabat tapi max berat pengirimannya hanya 2 kg. Mahal juga sih, tapi dibanding EMS ya murah. Beda keduanya... aku agak gak ngerti juga di mananya. wk Pernah pakai K-Packet dan pengiriman dari Korea ke Indonesia bisa sampai 7 hari, Registered Small Packet bisa sampai 9 hari. Kedua pilihan itu menyediakan tracking number, jadi sebenernya gak usah khawatir karena kita bisa tau paket kita di mana. 

2. Bisa dapet versi beda-beda jika jumlah pembelian = jumlah versi yang tersedia. Contoh: kalau kita beli 3 buah Don't Mess Up My Tempo, diusahakan dikirim versi berbeda. Synnara random, Gmarket juga random (tapi gatau mungkin bisa pilih)

3. Cara pembayaran. Ini penting, soalnya kalau bisa beli tapi gak bisa bayar ya gak jadi beli dong. Di Ktown4u pembayarannya tersedia via paypal. Minusnya, feenya lumayan. hm

4. Websitenya berbahasa Inggris. Synnara meskipun order pagenya bahasa Inggris, tapi dalamnya tetap bahasa Korea yang bikin aku pusing. 

Cara Beli Album di Ktown4u

Sebelum mulai cara belanja di Ktown4u, ketahuilah bahwa biaya yang dilampirkan dalam USD jadi siap-siap kalau tagihannya tinggi soalnya Rupiah melemah (saat artikel ini ditulis, Rupiah menguat seratus perak. Lumayan). Begini cara beli album di Ktown4u untuk yang pertama kali baru pesan lewat website luar :

1. Kunjungi website Ktwon4u
2. Kalau belum punya akun, register dulu. Semua perintah ada dalam bahasa Inggris, jadi kamu gak usah khawatir bingung. Isi data diri yang diperlukan, lengkapi alamat. 
3. Jika sudah berhasil bikin akun, langsung login.


4. Isi E-mail dan password yang sudah didaftarkan tadi, klik LOGIN lagi

5. Kalau berhasil login, muncul halaman utama ktown4u. Kemudian, kalau kamu mau cari merch atau album dengan cepat, kamu bisa cari di search box (1). Atau klik (2) untuk melihat artis yang tersedia di ktown4u.

6. Kalau kamu sudah menemukan artis yang kamu cari, maka akan langsung muncul semua goods dari artis tersebut. Kamu bisa scrolling terus mencari barang yang ingin kamu beli. Klik di gambar yang ingin kamu beli.

7. Muncul laman produk beserta penjelasannya. Kalau kamu sudah fix 100%, kamu bisa langsung isi jumlah barang yang ingin kamu beli.



8. Setelah menentukan barang yang akan dibeli, klik "CART". Lalu akan muncul pop-up untuk shooping atau cart. Kalau kamu masih mau belanja maka klik shopping (1), kalau sudah maka bisa klik Cart (2).

9. Jika kamu klik Cart, maka akan muncul laman yang berisi total pesanan kamu. Jika sudah yakin, lalu  klik Proceed to Checkout.

10. Isi Shipping Address dengan lengkap dan benar, jangan asal, nanti paketnya nyasar. Lalu klik continue


11. Lalu muncul pilihan Shipping Method, silakan dipilih mana yang sesuai. Ingat, kalau mau pake jasa small dan k-packet, max berat hanya 2kg ya. Kalau sudah pilih, lalu klik continue lagi
12. Sampai di halaman check out. Di situ ada memo yang bisa kam tulis untuk seller, terus di bawahnya ada informasi pembayaran. Pembayaran Ktown4u cuma bisa pakai paypal. Selanjutnya, klik Pay terus lanjutkanlah proses pembayaran dengan paypal. Kalau kamu belum punya akun PayPal, baca cara membuat akun PayPal di sini

13. Kalau pembayaran sukses, maka akan muncul halaman di bawah ini. Kalau udah muncul, tandanya pesanan kamu sudah berhasil dan tinggal duduk manis menunggu sampai Pak Pos datang membawa paket.


Review

Paket dari Ktown4u sampai di rumah 9-10 hari setelah album dirilis resmi. Agak lama karena terpotong weekend. Album dilapisi dengan bubblewrap lalu dibungkus dengan kardus cokelat. 

FAQ

1. Bagaimana dengan pajak bea cukainya?
Kamu bisa cek perkiraan jumlah pajak yang harus dibayar dengan menggunakan aplikasi mobile bea cukai

Update: Tahun 2020, kebijakan barang bea kena pajak berubah, silakan cek google untuk info lebih lengkap ya minimal belanja berapa yang tidak kena pajak.

2. Bahasa apa yang digunakan untuk menulis alamat?
Bahasa Indonesia

3. Apa saja yang harus dipersiapkan ketika paket datang?
Tidak ada, siapkan aja uang Rp 20.000 buat bayar tukang pos kalau memang barang belanjaannya bebas pajak ya. Kalau kena pajak, siapkan NPWP (jika ada) biar potongannya nggak terlalu besar. Untuk ketentuan ini bisa dicek lagi ya.

You Might Also Like

31 komentar

  1. hallo

    untuk alamat rumah sebaiknya dibuat dengan english atau indonesia aja ya ?

    BalasHapus
  2. Hallo

    untuk alamat rumah sebaiknya ditulis dengan bahasa inggris atau indonesia ya ?

    tolong balasannya . terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa indonesia juga nggak apa-apa kok

      Hapus
  3. Ka. Mau nanya lebih nih ada email ga kaa? Yy bida dihubungi

    BalasHapus
  4. Jadi lebih murah beli langsung di ktown4u atau os di Indo??

    BalasHapus
  5. Cara paypal tu gimana kak ?

    BalasHapus
  6. Ribet juga ya... cara pnya pay pal gmn?

    BalasHapus
  7. Halo kak, tau cara pembayaran lewat paypal gak? Atau kakak punya blognya? Hehe makasihhh

    BalasHapus
  8. kalo beli album di ktown4u kita ga perlu ngirim data/ngurus ke becuk kak?

    BalasHapus
  9. Pembayaran bisa pakai DANA gk yaa?

    BalasHapus
  10. Halo kaa aku judith mau tanya, waktu itu kaka shipping methodnya pake yang mana kan? terimakasih sebelumnya ka:)

    BalasHapus
  11. Hallo ka boleh tau akun sosial media nya twitter/ig
    Karna saya ingin belajar ini
    Postingan.nya sangat membantu

    BalasHapus
  12. kak harga ongkosnya kurang lebih berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, biar aku bantu ya. untuk pengalaman ku beli album biaya pengiriman sekitar Rp 300.000 ribu ya itu EMS (agak lama) kalau mau cepet bisa pakai DHL (Harganya agak mahal selisih 100 ribu)

      Hapus
  13. Saya tidak mempunya kartu kredit, apakah menggunakan jasa pembyran online di Jasa Pembayaran di Ktown4u bisa kak?

    BalasHapus
  14. Kok ongkirnya mahal banget ya kak? hampir 2x lipatnya harga album :") biar murah kira2 minimal harus pesan berapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini itung sendiri jadinya ya.. dikira-kira satu album beratnya berapa nanti cocokin sama ongkir. kalo beli dikit emang mendingan ngikut olshop aja dah...

      Hapus
  15. Kk kebijakan bea cukai 2020 kan minimal USD3, bakalan mahal bgt dong ya tiap beli langsung di ktown4u? Ada tips nya gak kk?

    BalasHapus
  16. Kk kebijakan bea cukai 2020 kan minimal USD3, bakalan mahal bgt dong ya tiap beli langsung di ktown4u? Ada tips nya gak kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari barengan yang banyak biar patungan bayar ongkir dan pajak hahaha

      Hapus
  17. kak aku mau mulai bisnis album kpop, jadi mau belanja dari ktown4u, aku boleh nanya2 ga ya? dari kontak kakak yang lain?

    BalasHapus
  18. Halo kak mau nanya, berarti isi alamat di ktown itu,alamat wh atau alamat rumah kita?
    Mohon dijawab

    BalasHapus
  19. kak izin bertanya, kalau buat bulk biar hitungannya murah itu pakai ems minimal berapa kg ya?

    BalasHapus
  20. kak kalo dari ktown itu kan udah ada taxnya ya kak itu tetep bayar bea cukai lagi kak?

    BalasHapus
  21. Halo kak kalo mau pilih yang small pack itu gimana kak?

    BalasHapus