Hallyu Wave? Apaan sih..

Jumat, Januari 27, 2012

Baru-baru ini reunian lagi sama korea. Iya gue emang dulu terpengaruh sama drama korea, tapi itu dulu jaman SMP. Dulu waktu itu lagi jamannya Super Junior bukan ya? Iya kalau gak salah tahun awal mereka debut. Engga kok gue gak sampe tergila-gila dengan boyband, gue tetep setia dengan dramanya. haha Tapi ini seriusan, di saat temen-temen seperjuangan lagi tergila-gila sama Siwon, gue cuma mengernyitkan dahi 'siapa pula itu?' haha gue beneran gak tertarik sama boyband.

Boyband 2 PM

Semakin kesini, ternyata hallyu udah menyebar ke seluruh dunia. Siapa sih yang gak kenal Super Junior, SNSD, atau Wonder Girls? Gue engga kok pada awalnya. haha Makin ke sini musik dan drama korea mulai menginvasi dunia. Di mana-mana ada fansnya pasti. Gue aja sampai kaget loh ternyata artis korea itu udah banyak terkenal di dunia internasional. Dan pastinya Indonesia juga kena efek hallyu itu dan kerasa banget. Kita bisa lihat loh sekarang penggemar boyband dan girlband korea di Indonesia ada berapa banyak--oke gue gak tau persis segimana banyaknya tapi yang jelas remaja pasti deh ada yang ngidolain salah satu girl/boyband korea. Dan bisa dilihat juga sekarang menjamurnya boyband dan girlband di Indonesia. ckck sebegitu kuatnya kah hallyu itu? Mungkin aja..

CN Blue--band

Perkembangan hallyu belakangan ini emang lagi pesat banget mungkin juga karena kemajuan teknologi sendiri jadinya semua orang yang bisa koneksi ke internet bisa nyari tau tentang hallyu makanya efeknya makin luas.

Di Indonesia sendiri berbagai stasiun televisi Indonesia mulai menayangkan drama produksi Korea Selatan setelah TV swasta paling tua yang mempelopori pemutaran drama Endless Love. Para sineas drama di Korea mulai menyadari daya jual drama Korea sangat tinggi di negara-negara tetangganya sehingga produksi serial mereka menjadi komoditas ekspor. Puncaknya terjadi saat serial Winter Sonata diputar di Jepang, Cina, Taiwan, dan Asia tenggara. Sejak saat itu istilah "Hallyu" atau "demam Korea" muncul. Drama-drama tersebut mulai muncul dan menjamur di Indonesia tahun 2002 keatas meskipun sejak 90-an juga udah ada.

Nah.. karena drama Korea mulai diterima, maka masuklah boyband-boyband kaya DBSK dan Super Junior. Setau gue emang yang duluan ngetop mereka karena emang duluan dibanding yang baru-baru (gue tau dari temen SMP gue yang suka boyband). Mulai dari situlah kesukaan terhadap boyband meningkat sampai ada yang berlebihan banget dan malah jadi bikin ngeri--

Kalau ditanya sebenernya apa sih daya tarik dari musik pop Korea yang dibawakan boyband/girlband Korea itu.. gue belum paham sebenernya konsep mereka itu seperti apa. Dulu gue menganggap 'ah apaan sih masa cowok joget-joget! itu cewek-cewek pamer bodi semua ye?! ckckc' kenapa gue bisa bilang begitu? Karena gue gak tau. haha Dan gara-gara di kampus lumayan nih yang kena hallyu lama-lama jadi 'oooooh.. ternyata..' haha

Dari yang gue tau, ternyata anggota boy/girlband itu gak semuanya unggul dalam hal suara karena ternyata emang ada yang bagian tari dan nyanyi, tapi tetep aja paling engga emang harus bisa keduanya sih. Ada yang emang suaranya bagus, ada yang pinter nari dan semuanya saling melengkapi makanya mereka jadi team ramean. Dan yang gue tau baru-baru ini ternyata mereka pada training bertahun-tahun dulu buat jadi team. Ini yang bikin kaget. Mereka berarti gak instan. Paling engga sebelum jadi artis beneran latihan dulu bertahun-tahun. ckck gigih. Coba kalau itu diterapin di Indonesia.. mungkin boy/girlband nya bisa lebih matang dalam hal suara dan tariannya.

Selain kemampuan, tampang juga berpengaruh. Emang sih gak ganteng-ganteng lokal banget kaya Christian Sugiono atau Nicholas Saputra, tapi karena ya mereka dari Korea makanya banyak fansnya. haha Udah begitu kulitnya putih-putih. Pokoknya mereka kayak punya daya tarik aja gitu sampe bikin cewek / cowok suka banget kali ya.

Apalagi ya? Mungkin juga karena tingkah laku. Ada yang emang manis, baik hati, ramah sama fans, tapi ada juga yang nyeleneh tapi tetep aja fansnya banyak. Ya maklum orang kan banyak, seleranya juga beda-beda. Terus juga musiknya kali yang unik yang pake -eayo atau -nda hehe Emang sih menurut gue pribadi biarpun gue gak ngerti artinya tapi itu lagunya enak didenger. Entah artinya tuh lagu apaan tapi tetep aja enak didenger mah lanjut.
Nah komposisi suara, tarian, lagu, tampang, sikap dan perilaku itulah yang kemudian jadi daya tarik. Itu menurut gue, kalau menurut lo lain ya silakan.

Drama TV dan Musik Pop itu emang produk utama hallyu dan itu gak hanya populer di negaranya aja, tapi juga di seluruh dunia karena pada dasarnya warga korea selatan suka nonton drama, nyanyi, dengerin musik, dan nari. Makanya gak heran banyak banget kan boy/girlband nya. Bahkan ada aja yang cita-citanya jadi boyband. ckck Yah mau diapain juga hallyu emang udah mendunia. Sekarang tinggal gimana kita menyikapinya aja. Suka sama hallyu boleh--itu hak kok-- tapi gak usah berlebihan. Jangan karena suka kpop banget, musik Indonesia nya ditinggalin. Jangan karena seneng belajar hangul dan ber -eayo lalu bahasa Indonesianya di lupain. Jangan karena orang korea ganteng dan cantik, orang Indonesia nya di lupain. Jangan karena suka kdrama, sinetron Indonesianya dilupain (aaa--tapi sinetron indo bikin males karena ribet dan berbelit-belit). Ah tapi terserah.. itu hak kalian kok mau mengidolakan siapa haha bebas merdeka bos! Yang terpenting, jangan pernah lupain tempat dimana kita lahir, tinggal dan menjalani kehidupan. Garuda di dadaku akang teteh semua!!!!!!!!

source: wikipedia, google

You Might Also Like

0 komentar