knv part 1

Jumat, November 26, 2010

Bogor, 26 november 2010
Gue baru-baru ini baca sedikit tentang komunikasi non verbal. Yah ilmu gue sih masih cetek emang tapi paling enggak gue ngerti dikit hahaha
Jadi komunikasi non verbal itu termasuk kaya gesture ya? Jadi komunikasi yang tersirat dari polah tingkah laku kita, gerakan tangan, mata dan sebagainya.dan seringnya hal itulah yang jadi objek perhatian gue selama ini. Gue sering ‘ngebacain’ orang tapi gue gak mau ‘dibacain’. Secanggih mungkin gue akan menyembunyikan perasaan gue tapi sayangnya gak bisa. Haha terlebih lagi perasaan marah.itu gue paling gak bisa.
Lebih seringnya gue menggunakan komunikasi non verbal ketika marah atau gak suka. Gue gak ngomong langsung biar gak menyakiti hati orang lain dan hati gue tentunya.heeem yah tapi relative sih. Mau gue lagi happy kek, sedih kek, marah, kalau emang gesture kita keliatan juga orang bakal tau. Kecuali orang itu bebal dan gak peka. Sayangnya gue agak sedikit sering memperhatikan komunikasi non verbal itu. Tau aja sih gue yang agak sensi ke gue kaya apa. Tapi sekarang gue yasudahlah. Biarlah gue jadi diri gue sendiri. Cuek.tapi tetep harus merhatiin perasaan orang lain.
Wah kayanya gue harus menganalisis lagi nih. Bahasa tubuh kadang gak sepenuhnya bener loh. Kadang ada aja orang yang demennya emang ngangkat alis tapi dikiranya gak suka ‘apasih lo garing sok ngatur’. Orang yang selalu ngeliatin mata lawan bicaranya dikiranya nantangin padahal kadang itu untuk meyakinkan s lawan bicara bahwa dia jujur. Yah tapi sayangnya orang Indonesia gak sepenuhnya mengerti hal kaya gitu. Bawaannya curiga melulu. Sensitif nya negative. Buruk melulu pikirannya. Padahal gak maksud gitu. Contohnya aja kalau lagi LDK, ospek apa kek, diklat yah pasti disuruh ngeliatin mata senior tapi malah disangka nyolot. -.- suka anaeh deh emang. Disuruh natap tapi malah ujungnya dimarahin disangka nantang. Please deh kaka senior..
Ada lagi tatapan longing hahaha ngarep gitu kayanya. Kaya missal lo suka sama orang dan ketika lo ngeliatain tuh orang muka lo ngarep banget disapa sama dia. Hahahaha tatapan yang penuh dengan pengharapan cinta. Gaya banget dah -.-
Ada orang yang sering natap orang satu persatu dengan datar alias tanpa ekspresi sampe orang ‘ih apa sih nih orang’ nah itu sih tatapan orang yang penasaran yang coba lagi menganalisa orang sperti apa diri lo makanya dia merhatiin gerak gerik lo dulu.jangan salah sangka. Gue tau banget nih tipe orang indo bawaanya curigaan didiranya gak suka. Meskipun lo ngerasa jadi gak nyaman, tapi yasudahlah biarin aja. Toh orang itu gak tau lo.
Dari tatapan mata kadang kita bisa baca apa orang itu suka sama kita apa gak—yah meskipun gak sepenuhnya bener tapi yah 70% lah. Dari tatapan mata kita bisa tau orang itu jujur apa gak—yah meskipun ada aja penipu ulung yang udah sangat ahli sampai bisa ngelabuin kita. Yah paling gak lo bisa nganalisa sedikit dari tatapannya.jadi lo gak dibegoin banget sama orang.
Nah buat gue sendiri, gue jadi harus ngontrol mata biar orang-orang Indonesia gak salah sangka. Tau gue bahwa sebenernya orang-orang itu sensitive ya tapi sensitifnya suka negative. Yah sama aja kaya gue soalnya gue juga orang Indonesia. Haha soalnya kita gak bisa bedain arti dari tatapan mata yang sebenarnya sampai tuh orang memverbalkannya. Iya gak sih? Makanya sebelum orang memverbalkannya kadang kita suka salah sangka. Dikiranya sebel padahal emang sebel, dikiranya sebel padahal gak sebel. Nah kaya gitu lah misalnya.
Itu baru sebagian kecil contoh dari komunikasi non verbal ini. Nanti akan gue lanjut lagi kalau gue udah dapet ilham dan selesai nganalisa lagi. Hey ini Cuma opini gue aja ya kalau emang ada yang mau ngasih tambahan pandangan ‘menurut gue..’ gak apa-apa. Terbuka kok. Diverbalkan aja :D

Cheers,

tika

You Might Also Like

0 komentar