8 Tips Menulis Wattpad untuk Pemula dan Menggaet Banyak Pembaca

Selasa, Juni 30, 2020

Siapa yang punya mimpi jadi penulis?

 

Aku.

 

Hehehe

Tips 101


Hobi menulis fiksi sudah gue jalankan sejak masih di bangku sekolah menengah pertama. Waktu itu, cerita yang gue buat masih genre teenlit dan gue tulis di buku tulis bergaris. Hobi itu terus gue lakukan sampai sekarang meskipun frekuensinya sudah tidak sesering pas masih SMA dulu. Nama ceritaakit sendiri lahir ketika gue gemar menulis cerita. Hahaha Tulisan berantakan gue masih bisa dicari di archive, enggak gue unpublish. Kenang-kenangan aja gitu biar kelihatan progress nulis gue sejauh apa.

Meskipun gue mengenal platform Wattpad ketika masih SMA, gue masih menggunakan wp sebagai tempat membaca saja. Untuk menulis, gue lebih suka publish di blog meskipun enggak ada yang baca. Jangan Tanya kenapa karena gue juga enggak tahu alasannya lebih suka blog.

Seiring berjalannya waktu, Wattpad app semakin populer untuk pembaca dan penulis pemula. Di sini, kamu bisa berbagi cerita dari berbagai genre yang bisa dibaca gratis lewat ponsel atau website. Karya populer di Wattpad juga sudah banyak diterbitkan dan mejeng di toko buku besar. Bahkan, ada juga yang dijadikan film. Makanya, Wattpad kian dilirik orang yang memang berkeinginan untuk mendapatkan uang dari hasil tulisannya. Apalagi sekarang baca Wattpad juga punya fitur paid story di mana penulis yang karyanya terpilih bisa mendapatkan royalty dari karyanya yang dibaca orang.

Buat author baru yang jumlah followers-nya 0, mungkin enggak sih ceritanya bisa booming? Jawabannya, sangat mungkin. Emangnya kamu piker penulis wp yang followersnya bejibun sekarang mulainya dari mana? Ya dari 0 dong.

Kalau kamu tertarik untuk nyemplung ke dunia oren, ada tips yang harus banget kamu tahu.

Ini hasil riset dan opini gue as pemula dan amatiran saat menggaet pembaca mulai dari 0 followers. Tapi, gue gak mulai 0 banget, followers gue ada 17 itu juga teman sendiri dan hasil mutual kuy di Twitter wkwkw Tbh, hasil mutualan di twt enggak ngaruh buat gue. 

Oke, ditegaskan lagi ya mungkin ini tips untuk dapat followers juga. wkwkw

 

    Riset Trend Cerita dan Pembaca

Sewaktu gue gabut WFH, gue unduh wp lagi. Saat itu, enggak kepikiran nulis wp karena saat 2018 gue nyoba nulis, gue enggak dapat hasil apa-apa. Wkwk Singkat cerita, gue banyak membaca karya di wp karena gabut. Browsing cerita, tag, baca rekomendasi dan follow akun menfess Wattpad di Twitter. Dari situ, gue sudah tahu cerita apa yang lagi trend di Wattpad saat itu. Gue baca cerita-cerita populer itu, gue analisis—ah keberatan kalau gue bilang analisis, tapi pokoknya gue kulik isi ceritanya. Yang gue lihat saat itu adalah karakter tokoh, alur, dan ending.

Riset pembaca ini lumayan penting sebenarnya. Orang-orang di wp itu banyak banget, ada yang memang menggunakan wp hanya untuk membaca, ada yang nulis juga membaca, dan ada juga yang cuma nulis. Kalau beruntung, mungkin kamu bisa ketemu editor sih.

Dari hasil ngulik gue, pembaca Wattpad itu suka sama genre romance dan fanfiction. Romance 18+ dan 21+ apalagi. Wkwkw Cerita yang populer itu minimal harus uwu dan bikin baper. Kalau dua itu ada di cerita kamu, auto populer tapi alurnya juga harus diperhatiin sih. Banyak pembaca muda wp, lebih suka cerita uwu dan bikin baper khas anak sekolah yang biasanya pakai visual grup kpop. Kalau yang udah umur new adult, cerita chicklit juga populer tuh. Karakteristik pembaca wp dalam memilih bacaan—ini yang gue perhatikan ya:

-          Enggak peduli penulisan yang penting alur asik dan cerita menarik

-          Peduli penulisan, alur asik dan cerita menarik

-          Pembaca yang baca karya karena berjuta-juta views

Nah, dari 3 itu, semua ada pasarnya. Enggak perlu khawatir nggak nemu pembaca asal ceritanya menarik, tag sesuai… tunggu aja pembaca datang sendiri—kalau mau organik. Btw, penulisan yang gue maksud nih sesuai puebi apa enggak isinya.

Oke, ada pembahasan ... bagus nggak sih menulis ikut-ikutan tren?

Karena tulisannya ini bertujuan untuk menarik pembaca baru atau biar ada followers dengan mengikuti yang sedang trending alias ride the wave, ya nggak masalah. Cuma, kamu harus siap seandainya muncul kalimat, "Ah, ceritanya kayak xxxx nih."

Itu nggak bisa dihindari sekalipun cuma tema garis besarnya yang sama ... katakanlah "office romance" dan premisnya juga beda. Orang wp kebanyakan cuma akan menyebut, "Rekomen cerita yang kayak xxx dong." 

Entah yang dimaksud "kayak" itu kayak apanya.

Setelah mendapatkan followers baru, biasanya mereka akan ikut sampai bikin karya baru. Sangat lumayan membantu naik rank cerita. 

2.      Desain Cover

Ini tuh ternyata lumayan penting. Gue pernah dibilangin sama pembaca kalau cover yang gue buat enggak menarik, dia malas baca tapi pas sudah baca ternyata dia malah baca sampai habis. Dia menyarankan untuk ganti cover hahaha Oke gue terima sarannya, gue langsung ganti cover beberapa hari kemudian.

 

Dari hasil mantau menfess, beberapa pembaca memang melihat cover karena hal itu yang pertama kali dilihat saat browsing cerita. Kalau cover menarik, mereka akan mengeklik dan membaca sinopsis lalu lanjut bab 1 jika tertarik. Kalau dari cover-nya enggak menarik minat, kemungkinan mereka bakal skip.

 

Membuat cover mudah bisa menggunakan Canva atau Picsart. Aplikasinya bisa cari sendiri di PlayStore. Kalau males mikir, bisa juga cari cover shop yang menyediakan jasa desain cover. Harganya masih masuk akal banget.

 

3.       Konsisten menulis

Buat jadwal update itu kadang perlu loh. Gue pernah 3-4 kali update dalam seminggu, dalam waktu itu pembaca lumayan naik. Update 1-2 kali seminggu itu udah lumayanlah menurut gue. Kalau kelamaan, pembacanya takut kabur dan feel-nya bakal hilang enggak sih kalau nunda-nunda menulis.

 

4.       Mau Membaca

Kalau mau jadi penulis, menurut gue harus juga mau membaca. Belajar PUEBI aja enggak cukup, kamu juga harus mau baca karya orang lain supaya banyak perbendaharaan kata dan belajar nyusun kalimat. Belajar dari penulis yang karyanya sudah terbit dan sudah melalui proses editing itu perlu buat bikin otak kita mikir saat nulis cerita. Kalau mau teknik penulisan kita meningkat, pokoknya selain belajar mandiri ya juga harus baca sih.

 

5.       Masukkan Sinopsis Menarik dan Tag yang Sesuai

Sebagai pembaca, gue sering banget kesal karena tag yang enggak sesuai. Iya sih itu salah satu upaya penulis biar karyanya terkenal, tapi masa cerita anak SMA masuk ke chicklit?

Tips nulis sinopsis yang entah gue lupa baca dari mana: sinopsis itu bukan premis jadi jangan buat sinopsis panjang yang isinya mengandung ending. Eh, bentar gue belibet jelasinnya. Tapi ngerti enggak sih? Maksudnya, pokoknya jangan tulis hal yang bisa bikin pembaca langsung bisa nebak ending cerita. Ah, pokoknya gitu deh. Buat sinopsis yang bikin penasaran.

 

Ngomong gini doang mah gampang, gue sendiri masih enggak bisa bikin sinopsis menarik. Wkwkw

 

6.       Interaksi dengan Pembaca

Penting nih biar pembaca betah dan tergerak untuk kirim vote dan komen. Jangan galak-galak apalagi kalau tujuannya memang nyari pembaca hehehe

 

7.       Promosi di Media Sosial

Kalau kamu mau semua dunia tahu, ya share aja. Sekarang juga udah ada menfess di mana kamu bisa promosi cerita. Siapa tahu ada yang nyantol.

 

8.       No insecure insecure dan overthinking club

Gue sering banget baca menfess insecure. Sehari ada kali 10x. Gini, percaya diri aja dulu kalau mau publish di wp. Kalau belum publish udah takut ini itu… kapan mau mulainya? Semua itu butuh proses. Baru publish satu part terus berharap dapat ribuan pembaca itu impossible, apalagi kalau enggak punya followers. Kebanyakan pembaca itu datang pas part udah banyak. Asal kamu pasang tag yang benar dan promosi, nanti cerita kamu akan nemu pembacanya sendiri.

 

 

Yang di atas itu gue lakukan semua kecuali promosi. Gue pemales, nggak percaya diri, dan memang enggak berharap banyak sih. Jadi, gue biarin aja organik eh ternyata naik sendiri. Beberapa kali gue baca cerita populer dan gue enggak puas dengan ending-nya, itulah yang jadi motivasi gue mulai nulis lagi. Kalau enggak nemu cerita yang ingin kita baca, ya tulis aja sendiri. Jadi, itu yang gue lakukan. Gue ngikutin trend tapi tetap menulis apa yang gue mau ada di cerita gue. Hahaha Apakah berhasil? Hehe Bagi gue sih berhasil. Buat gue yang enggak punya ekspetasi saat mulai nulis lagi di Wattpad, hasil yang gue dapat sekarang lumayan banget. Belom jadi duit sih, coba kalau jumlah views bisa dikonversi jadi duit. Hhh

 

Gue enggak bilang kalau cerita gue bagus loh, cuma kebetulan nemu pembaca yang seleranya sama kayak gue. Hehehe Enggak usah berkecil hati kalau belum nemu pembaca, semangat terus memperbaiki tulisan kita. Kalau ada niat, pasti ada jalan. Katanya juga usaha enggak mengkhianati hasil. Semangat terus nulisnya, siapa tahu cerita kita nanti dilirik penerbit. Ngekhayal dulu mah enggak apa-apa, gratis ini. hahaha


You Might Also Like

6 komentar

  1. wah terimakasih sudah share tips menulis di wattpad kak hehe kebantu banget aku juga mau nulis sesuatu di wattpad ngisi waktu luang selama kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada manfaatnya dan nggak menyesatkan ya hehe

      Hapus
  2. Terimakasih ya, ini sangat bermanfaat buat saya yg sedang ingin buat cerita dan bingung harus bgaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada manfaatnya dan nggak menyesatkan ya hehe

      Hapus
  3. Asik bgt...bacanya ngga bikin bosen. Emg cocok si Kan jadi blogger

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya. Berguna sekali buat saya yang baru mulai menulis di wattpad. Jika berkenan silakan kunjungi akun saya di sana kening_lebar

    BalasHapus