November dan sepenggal kisah sendu berdebu

Sabtu, November 20, 2010

Gak kerasa yah tau-tau udah November. Berarti bentar lagi udah desember yah?
Gak kerasa banget. Kayanya November tahun kemarin kita masih nongkrong di bivoak sambil ujan-ujanan. Tapi kayanya gak bisa sekarang… banyak hal yang terjadi sama Indonesia akhir-akhir ini. Khususnya bencana. Belum lama ini ada banjir bandang di wasior, terus gempa dan tsunami yang melanda mentawai. Dan sekarang.. meletusnya gunung merapi. Hhhh 3 bencana nasional yang terjadi dalam waktu berdekatan yang gak bisa di prediksi dan gak bisa di cegah.
Soal bencana di wasior, jujur aja gue gak begitu ngikutin soalnya gue jarang nonton tv karena emang jarang dirumah, baca Koran juga gak. Tau paling Cuma sekilas aja. Terus tsunami mentawai.. bener-bener ngangetin. Gue tau waktu itu ada gempa bumi 7,2 SR apa berapa yah? Yah pokoknya segitu lewat message di FB. Pikir gue waktu itu wah dahsyat banget pasti gempanya. Terus beberapa hari setelah itu pas gue nonton tv taunya ada tsunami dan akses ke mentawai sempat terputus. Ratusan nyawa hilang akibat tsunami itu. Gue speechless.
Terus gue dapet berita lagi ternyata status gunung merapi naik jadi waspada. Reaksi gue pada saat itu adalah gak ngerti. Ada apaan nih? Beberapa hari gue sempet gak mantau lagi beritanya sampai gue sering pulang ke rumah karena UTS dan gue pun jadi nonton tv tiap hari. Sampai selasa lalu merapi meletus dan menewaskan kuncennya sendiri. Gue speechless. Merinding men dengernya. Tapi waktu pertama kali itukan belum dahsyat banget meskipun udah di prediksi bahwa kali ini merapi akan mengeluarkan tenaganya yang besar. Setiap hari di tv terus menampilkan perkembangan merapi yang meletus. Gue gak tega liatnya. Tapi jujur aja waktu itu gue emang gak terlalu concern sama masalah itu, ya perkiraan gue mungkin Cuma kaya letusan merapi yang tahun-tahun lalu. Eh tapi ternyata tadi gue nonton tv dan merapi meletus lagi tapi kali ini sungguh luar biasa akibat yang ditimbulkannya. Awan panasnya aja mencapai radius 17 km dari puncak merapi, hujan abu udah sampai tasik dan sekitarnya. Yang gue pertanyakan adalah ‘kok bisa ya?’
Yang namanya bencana gak pernah bisa di prediksi dan dihindari. Semua udah ada jalannya masing-masing. Mungkin ini emang saatnya merapi meletus—padahal gue belum pernah kesana. Pertama kalinya gue ngeliat merapi dan gue ngerti bahwa itu merapi adalah waktu fieldtrip ke jogya. Gue ngeliat gunung di ketep pass—gue anggap itu merapi lah abis kayanya emang merapi. Begitu turun dari bis gue lagsung ngeliat kearah gunung itu dan diem. Megah, hijau dan tenang. Saat itu gue beneran ngeliatin tuh gunung sambil berandai-andai kapan yah gue bisa ngeliat lebih dekat lagi?
Selalu. Dibalik bencana itu pasti bakal ada positifnya.

You Might Also Like

0 komentar