Hearth

Jumat, April 29, 2011


Sejarah peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat.

Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.

Untuk sejarahnya lengkapnya kenapa bisa di peringati tanggal segitu bisa di googling aja ya atau lihat disini http://earthday.envirolink.org/history.html
Untuk event earth day tahun ini, gue sebenernya ada beberapa agenda di kampus--fakultas gue. tapi karena kemalasan gue balik ke kampus dan jarkoman yang telat, gue jadi males yaudah gue dirumah aja. hehe lagipula acaranya hanya pembukaan jadi yasudahlah relakan aja..
lanjut yah.. di sunday morning.. rain is falling.. temen gue sms, katanya sih dia sms malem kemarin, tapi hp gue matikan jadi gue baru baca sms itu pagi-pagi. singkat cerita teman gue yang bernama ken bilang mau ke cihideung nanem pohon. wah langsung aja gue bilang mau ikut, cuma gue gak tau tuh kapan. gue kira masih minggu depan, tapi ternyata hari itu juga. mampus lah gue. secepat kilat gue mandi, packing, mendadak banget sampai gue gak sempet nyiapain bekel. Dari rumah, gue langsung menuju cipaku untuk naik angkot falken menuju gang siluman. gue lupa-lupa ingat itu gang dimana, tapi yaudah gue lanjut aja. hingga akhirnya gue melihat manusia macam miro, jali, gori dan najibah yang duduk pinggir warung. gue langsung turun dan ngobrol sebentar sampai ken dateng. Setelah kumpul semua, kami langsung menuju kaki gunung salak. wah luar biasa.. namapak perbedaan yang mencolok ketika gue datang kesitu lagi. jalanannya udah beraspal sampe atas! sampai jalur navigasi PD 23

itu lah jalurnya. hhh pembangunan yang luar biasa. lama-lama semuanya udah keaspal semua itu. asal jangan aja tiba-tiba diatas ada vila. gak suka gue! gue demoin nih lama-lama! ahahaha gak lucu!
Di perjalanan, gue melihat banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi. Dulu, cihideung rapih banget gak ada ilalang, gak banyak motor keatas. kalau sekarang, kayanya agak lebih 'liar' kebun-kebun yang biasa ditanami petani jadi ilalang semua. sayang banget lahannya. padahal kan biasanya dimanfaatin sama petani. sayang sekali.
Akhirnya kami sampai di basecamp. cari lahan unutk nanem pohon duren. yak duren. gak usah bingung. kan tetep aja lumayan tuh. gue kira kalau mau nanem minggu depan ntar gue pengen beli bibit tapi yaudah untuk kali ini duren aja dulu. hehe lain hari harus beda pohon. mudah- mudahan.

gue tahu, fotonya emang gak oke banget angle nya.. tapi kan bukan itu yah intinya. haha

2.2 bibit duren

Sejujurnya, menggali tanah butuh kesabaran sekali. Gue yang terbiasa nanem di pot ataupun seandainya nanem pohon langsung nanem ngerasin bedanya. Biasanyakan tau-tau udah digali, gue tinggal masukin pohonnya dan ditutup dengan tanah. Simpel banget. Kalau pake ngegali dulu harus sabar :) haha
Setelah selesai dengan 2 pohon duren dilanjut lagi nanem jagung, cabai, dan pohon kacang. Yah buat investasi aja. Jikalau tumbuh yah syukurlah haha lahan minim

Selesai nanem, kami langsung turun terus ke basecamp bawah. Dibawah rimbunan bambu kami makan siang dan dilanjutkan makan jagung. Gak usah bingung. Jagungnya dibawa sama ken. gue bingung, iseng banget yak bawa-bawa bonggol jagung. haha lalu kami beranjak menuju wahana



2.4 jalur navigasi PDSR 23

Diperjalanan pulang kami sempet melihat burung yang lagi terbang bebas di langit. engga tahu juga sih itu burung apa. kayaknya sih elang soalnya besar. Sayangnya, gue gak sempet mengabadikan foto elangnya. Soalnya gak keliatan kalau di foto. hehe
Perjalanan kami hari ini selesai, cuaca yang awalnya gak mendukung tiba-tiba di siang hari jadi panas. Setidaknya matahari gak malu-malu lagi menunjukkan dirinya. cihuy. Tapi sebenernya masih ada yang jadi pertanyaan gue, kenapa jalannya jadi diaspal semua? hmmm


29 april 2011. dormy. tikarachmania

You Might Also Like

1 komentar