5 Cara Menulis Cerita Wattpad Agar Menarik

Kamis, Maret 11, 2021

Ternyata, banyak yang penasaran gimana cara menulis Wattpad agar menarik, ya? Jadi, gimana cara membuat cerita Wattpad yang menarik?

Nah, itu juga gue nggak tahu sih, tapi sok tahu aja pengin nulis hahahaha



Sebelumnya, gue pernah nulis tips menulis Wattpad untuk pemula dengan 0 followers, bisa dibilang itu baru tahap awal dan baru 'cover' yang dilihat orang ketika browse cerita di katalog wp yang bejibun itu. Itu kek cara untuk mendapatkan followers sih wkwkw Meskipun ya belum tentu terbukti berguna juga.

Kok berani amat baru terjun di Wattpad dan ketemu pembaca udah bikin kek ginian? Ya biarin sih. haha Kalau dirasa berguna, silakan lanjut baca, kalau nggak ya sudah~~

Sekali lagi, seperti tulisan sebelumnya, ini semua tulisan sok tahu berdasarkan pengamatan dan pengalaman gue yang cuma seujung jari.

Cara Menulis Cerita Wattpad agar Menarik

 Yuk, kita kuliti satu-satu:

Menentukan Tema Cerita

Sebelum menulis cerita, biasanya apa sih yang kalian lakukan?
Kalau gue pribadi, biasanya menentukan tema. Tema yang gue ambil biasanya sesuai dengan apa yang gue pengin baca atau tulis. Kebetulan, kalau untuk baca dan nulis, gue suka novel cinta-cintaan. Jadi, gue biasanya akan menulis dengan tema itu aja. Kalau gue disuruh nulis sci-fi, fantasy, atau thriller ... ya nggak bisa hehe imajinasi gue belum sampai ke sana. 
Beberapa waktu lalu sempat ada pembahasan, menulis ikut tren itu gimana sih? Buat gue mah, it's okay it's love. As long as you are happy, ya nggak apa-apa. 
Opini gue kayaknya udah ada di post ini.

Membuat Blurb yang Menarik

Nah, ini menurut gue tricky banget dan sebenarnya gue juga nggak tahu kriteria menarik seperti apa. hehe Cuma dari yang gue baca-baca sih, membuat blurb atau deskripsi cerita di Wattpad itu jangan terlalu panjang dan jangan membocorkan ending cerita. Kalau sudah ada ending di deskripsi, ya untuk apa gue baca sampai habis. Sinopsis panjang lengkap dengan ending mah simpan aja untuk editor jikalau memang mau menerbitkan dan diminta.
Ada hal yang menurut gue bisa menarik bagi pembaca, yaitu bikin penasaran. Entah caranya dengan menulis pertanyaan tanpa jawaban atau menulis dengan penuh teka-teki. Hah gimana maksudnya, ya? Sama halnya kayak bikin copywriting untuk subjek email supaya menarik, coba deh baca beberapa tips copywriting yang menarik. Wah solutif, nggak? Kayaknya nggak, ya? hahaha

Membuat Alur Cerita yang Menarik

Nah, ini pun jadi pembahasan terus nih, alur cerita yang menarik itu kayak apa, ya? Coba dong tolong kalau yang paham kasih tahu aku huhu Soalnya gue juga nggak tau di post ini mau nulis apa soal alur cerita yang menarik. 
Kalau kita lihat di halaman pencarian, alur cerita itu adalah serangkaian peristiwa dalam cerita. Mungkin selengkapnya bisa dibaca di sini aja ya pengertian alur cerita. Di situ penjelasannya lumayan jelas.
Dari yang gue tau dan pelajari lalu gue terapkan sendiri untuk alur--gue memang nggak punya outline tertulis, tapi gue merencanakan cerita di kepala--gue pake formula yang paling sederhana karena kalau kebanyakan istilah, otak gue suka nge-hang. Untuk alur cerita: perkenalan, awal konflik, konflik klimaks, resolusi. Untuk aku, itu sudah cukup. 
Ada yang bilang, buat alur jangan mudah ditebak supaya lebih menarik. Ya setuju sih, tapi kembali terserah dah. 
Supaya tulisan ini nggak terlalu menyesatkan, mungkin kamu bisa baca cerita dari penulis profesional di luar wp untuk melihat struktur cerita yang mereka buat seperti apa lalu nanti dipraktikkan sendiri deh. 

Membuat Cover yang Menarik

Gue udah kasih alasan kenapa cover menarik itu penting di sini. Jadi, selain cerita, kamu juga harus menyiapkan sampul yang menarik. 

Pilih Genre dan Tag yang Tepat dengan Cerita

Memasukkan genre dan tag yang sesuai itu penting. Jadi, saat kamu mau publish cerita, pasti harus milih genre yang sesuai dengan isi cerita. Nah, misalnya cerita kamu nih isinya romance tapi fantasy, terus mendadak bingung mau masukin yang mana ... pilih yang paling dominan di cerita lo. Jangan ujug-ujug masuk ke fiksi ilmiah, ya, itu jelas OOT banget. Yang ada, nanti lo dirujak orang kalau peletakannya genre-nya salah. Hal ini udah sering banget dikeluhkan sama pembaca, termasuk gue. Berasa dibohongi banget kalau udah baca ekspetasinya apa, eh isinya apaan. Sekali lagi, jangan asal-asal masukin genre dan tag cerita, ya.


Lima tips cara menulis cerita Wattpad agar menarik ini menurut gue hal paling dasar banget. Itu bisa banget dicoba, tapi jangan lupakan juga menulis yang baik. Ini pendapat gue nih, untuk bisa eksis di Wattpad itu kuncinya sabar dan jangan menyerah. Kalau nggak ada yang baca dan merasa pengin menyerah itu wajar kok. Gue juga sempat menyerah haha Gue mungkin menyerah pada Wattpad, tapi gue nggak berhenti nulis. Toh, kalaupun nggak dibaca orang yang penting gue happy. hahaha

Jika ada yang ingin berbagi cerita bagaimana membuat cerita Wattpad yang menarik mungkin boleh ngobrol dengan remahan rengginang ini. huhu

You Might Also Like

0 komentar