Menulis Novel Online Dibayar? Ini Platform Digital Untuk yang Hobi Menulis

Kamis, April 15, 2021

Menulis novel online dibayar di platform digital saat ini menjadi langkah populer bagi kalangan penulis online untuk bisa mendapatkan tambahan uang saku. Coba cek ada berapa platfrom menulis online yang berkembang di pasar Indonesia. Jawabannya ya lumayan banyak. hahaha Gue belum ngitung sih, tapi nanti coba gue hitung.

menulis novel online dibayar? Ini platform digital untuk yang hobi nulis


Platform menulis online ini cara bergabungnya gratis. Namun, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, cerita yang kamu unggah bisa aja dijadikan berbayar. Kalau menulis cerita adalah hobi, nanti jadinya bisa bilang "hobi yang dibayar" atau "freelance". hehehe 

Keuntungan Menulis di Platform Digital 

Menulis novel ada yang memang untuk hobi atau bahkan pekerjaan. Semuanya balik kepada penulisnya sih.

Sebelum gue melantur yang macam-macam, berikut keuntungan menulis online:

1. Menemukan pembaca dan membentuk fanbase

Nah, ini menurut gue yang paling kentara sih. Kalau cerita kamu "berhasil" menarik pembaca setia, mereka biasanya akan ikut dan baca semua cerita yang kamu buat. Nggak jarang kok yang akhirnya punya fanbase--ah apalah namanya itu pokoknya maksudnya penggemar cerita yang setia. 

2. Teman seperjuangan

Ternyata, bisa dapat teman. Gue baru tahu karena selama ini gue memang nggak pernah cari teman. hahaha Tapi gue melihat ini memang nyata adanya. Kayaknya di mana pun atau apa pun kegiatannya tetap punya potensi untuk punya teman baru asalkan aktif. 

3. Money

Ya kalau dijadikan cerita berbayar ya otomatis duit. Besaran royalti menulis online ini sepertinya memang lebih besar kayaknya. Gue nggak bisa bandingin sih, coba yang pernah terbit online dan terbit cetak, kira-kira besar mana royaltinya?

4. Bimbingan editor 

This is something you can get in certain platform. Plz correct me if I am wrong, tapi nggak semua bisa dapat kesempatan ini. 

5 Platform Menulis Novel Online Dibayar

Nih, ada beberapa platform menulis novel online dibayar. Urutan tidak berarti apa-apa. 

Wattpad

Ini mah siapa aja kayaknya udah tau ya apalagi yang berkecimpung di dunia menulis online. Wattpad ini punya program Paid Story yang intinya cerita kamu bisa dijadikan bab berbayar. Untuk kriterianya bisa dicek di website-nya. Di Indonesia, program ini kayaknya baru berlaku untuk penulis yang ditawarkan langsung oleh tim WP. Atau mungkin udah berubah, ya? Nggak tau deh.

Masih banyak sebenernya yang mungkin mikir cerita di Wattpad isinya cuma gitu-gitu aja. Ya memang gitu-gitu aja sih, tapi benar bagus nggak mainstream pun ada. Beberapa penulis Wattpad kayaknya sudah tembus penerbit mayor noh. Bahkan, yang populer banget mulai dijadikan serial dan film. Sebutlah ... banyak pokoknya. 

Ges, tulislah cerita Wattpad yang menarik, kalau beruntung nanti dapat love call

Storial

Ini juga lumayan naik daun karena kemarin ini berhasil menggaet Dee Lestari dan Rapijali-nya. Sistem nulisnya sama kayak platfrom lain. Buka akun, lalu post cerita sendiri. Di Storial juga ada program Premium di mana penulis bisa menjadikan bab bukunya berbayar. Untuk sistem premium kayaknya ada dua. Mengajukan diri atau dapat penawaran dari tim Storial. Untuk ketentuan lain mungkin cek Storial.co atau sosial media Storial aja. Kalau naskah sudah disetujui, nanti ada kontraknya.

Cabaca

Ini mungkin belum banyak yang tahu, tapi ini juga sepertinya platform karya anak bangsa. Kalau di sini, sistemnya nggak bisa langsung asal nulis. Untuk menerbitkan buku di Cabaca, penulis harus mengajukan diri dan kirim naskah di Cabaca. Tapi sama kayak platform lainnya, ada juga jalur ditawarin. Tapi jalur mana pun sama aja kayaknya karena naskah kita bakal di-review sama editor habis itu revisi. Setelah naskah disetujui, baru deh nanti teken kontrak penerbitan. 

KBM App

Nah ini juga platfrom anak bangsa. Yang baru gue tahu, ternyata aplikasi ini dipelopori oleh Asma Nadia yang juga pendiri grup Facebook Komunitas Bisa Menulis. Gue belum terlalu mengeksplor aplikasi ini, tapi yes nulis di sini juga bisa jadi novel digital berbayar. Mungkin bisa langsung coba aja menulis di KBM App

Dreame

Kalau yang ini bayarannya pake $$$. Mupeng, nggak? hahaha Untuk menulis di Dreame dan dikontrak, tetap harus mengajukan naskah. Gimana mengajukan naskahnya? Gue pun nggak tahu. hahaha Sistemnya agak rumit untuk orang awam, jadi katanya sih mesti cari editor dulu. Biasanya, editornya suka jalan-jalan kok di Wattpad, nanti mereka biasanya akan nawarin kalau kamu mau nulis di Dreame. Setelah itu, ya jalani aja prosesnya. Gue nggak bisa cerita karena gue belum nyoba hehehe 

Selain 5 platform digital menulis novel dibayar tadi, sebenarnya masih ada beberapa lagi, tapi nanti akan gue tambahkan berkala. hehehe

Bayaran Menulis Novel Online

Kalau ngomongin soal hasil, royalti tiap platfrom pastinya beda dan mata uangnya juga mengikuti si platform tersebut. Kalau misalnya lau udah punya banyak pembaca loyal, biasanya hasilnya lumayan banget. hiks. 

Mencari tambahan uang dengan menulis novel online mungkin bisa dijadikan salah satu alternatif kalau misalnya butuh uang. Hasilnya memang nggak pasti dan tergantung effort marketing dari kita juga sih. Jangan berharap terlalu tinggi. Sama aja kayak proses jualan lain, produk kita juga bisa disukai, bisa juga nggak. Bisa laku, bisa juga nggak.  


Dari 5 platform di atas, gue sudah menggunakan tiga. Masing-masing platfrom punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin lain waktu kalau nggak mager akan gue tulis satu-satu. Gue memang lagi proses membandingkan sih hahahaha Kalau ditanya uangnya banyakan mana, ya gue akan bilang lebih besar kerja kantoran lah. hahaha Gue kan remah rengginang. Dah promo tapi kayaknya stuck banget wkwk kok sedih curhat colongan mulu haha

Seandainya views bisa langsung dikonversi menjadi uang, mungkin hasilnya lumayan huhu Sayangnya, ya belum sih.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Dicari!!

    Yang bisa membuat cerita bersambung/novel karangan sendiri.

    Ingin karya kalian mendapat penghasilan?
    Yuk, segera gabung. Penghasilan mulai 400 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

    FREE pendaftaran.

    More info silakan kirim pesan ke whatsapp:

    Wulansya
    wa.me/6283879067965
    Ig : @wulan.sya22

    BalasHapus