Blog 101: Menulis Artikel Ala-ala

Kamis, Maret 07, 2019


Semakin maju dunia digital dan teknologi, semakin banyak informasi yang bisa dicari dan digali dengan mudah di internet. Salah satunya tentang SEO. Buat yang baru mau mendalami dunia fana ini atau yang udah tenggelam di dalamnya, pasti udah pernah denger sedikit banyak mengenai SEO. Jadi, apa sih SEO? Gunanya apa?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Bahasa gampangnya menurut aku sih, SEO adalah cara bagaimana kamu membuat website mudah dicari di mesin pencari supaya website nangkring di halaman pertama mesin pencari sehingga mendatangkan traffic ke website Salah satu caranya supaya bisa ada di halaman satu yaitu optimisasi keyword

Bagaimana cara menemukan keyword yang tepat untuk artikel?

Pake contoh aja ya gimana proses aku menulis dari mulai cari ide sampai bisa published. Gue sendiri masih belajar untuk bikin artikel yang o k e, jadi kita sama-sama belajar ya. 

1. Cari Topik

Menurut aku, ini susah. wkwk Kenapa? Soalnya aku biasa nulis sesuka hati dan gak ada preferensi khusus. Mau nulis ini, tapi pengen nulis itu juga, tapi itu susah, tapi ini juga susah. Gak kelar-kelar akhirnya deh. Tapi kalau kamu emang udah megang satu topik yang emang kamu sukai dan hayati, gampanglah ya.  

2. Keyword research 

Anggaplah gue sudah menemukan topik: cara buat akun naver.  
Kemudian, aku buka keywordtool.io untuk cari alternatif keyword dari topik itu. 
Usakan untuk cari selengkap-lengkapnya segala kemungkinan frasa. Contoh: streaming naver, cara buat akun naver, beli akun naver, membuat naver, dll.

Setelah muncul, copy all keyword yang muncul. 

3. Keyword Volume

Buka keyword planner Google Ads untuk cari keyword volume. Tujuannya supaya kamu tau berapa kira-kira orang cari 'keyword' tsb lewat google. Percuma aja dong kalau ternyata keyword yang kamu selipkan di artikel ternyata gak ada yang cari.

Untuk tau keyword volume secara detail ini emang harus bayar dulu, aku udah bandingin dari yang search keyword volume bayar dan gratisan. Estimasi nilainya jauh. Jadi, mungkin kalau emang udah punya website yang megang dan ingin totalitas tanpa batas, bikin ads aja dulu.

Selain menggunakan planner GAds, bisa juga menggunakan ahrefs untuk cari keyword. Gue juga kadang pake ini, sih. Hasilnya nggak terlalu jauh beda kok. Ini untuk alternatif aja misalnya mau yang lain.

4. Setelah ketemu keyword volume, download terus save.

5. Proses menulis. 

Tiap orang punya cara yang beda dalam proses menulis. Kalau gue biasanya akan nulis artikel dulu sampai beres, lalu balik lagi lihat keyword volume terus tinggal menyelipkan keyword ke dalam kalimat. Hati-hati penggunaan keyword karena kadang bikin kalimat jadi aneh. Kita harus bisa ngutak-ngatik kalimat.


Berdasarkan pengalaman, kira-kira butuh 3 bulan untuk akhirnya artikel bisa loncat ke halaman satu google. Kelamaan gak sih? Kalau gitu berarti kenapa ya?





You Might Also Like

0 komentar