Belajar SEO: Konsep SEO Blog untuk Pemula

Minggu, September 16, 2018

Sebagai pemula yang baru niat untuk serius mengelola blog pribadi, tentu saja gue, kita, anda harus belajar mengenai SEO. Kembali ketujuan membuat blog selain untuk curhat, berbagi pengalaman ya pastinya juga ada sedikit mengharap untuk bisa menghasilkan recehan kan? hahaha Kalau kamu tidak begitu, berarti hanya aku saja yang mengharap ada recehan nyangkut wkwkw

Sebagai pemula yang pengetahuan mengenai SEO = 0, sejujurnya gue sendiri bingung harus mulai dari mana. Banyak istilah baru yang asing dan teknik-teknik yang sama sekali tidak diajarkan di masa sekolah. Yaiyalah, jurusan gue juga gak ada sangkut pautnya dengan digital marketing. Jadi buat gue SEO adalah ilmu baru yang harus gue pelajari dari awal. 

Apa itu SEO?


SEO adalah salah satu teknik optimalisasi website supaya kita bisa dapat peringkat di mesin pencari (contoh: google, bing). Pengertian gampang yang ada di otak gue:

SEO adalah teknik supaya bisa page-one di mesin pencari.

Misalnya, kamu ingin mencari mengenai hidroponik di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo, maka mesin pencari akan menampilkan daftar website yang relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Search Engine biasanya akan mengurutkan website berdasarkan relevansi dan kualitas website tersebut. Ada faktor lain penentu peringkat di mesin pencari, tapi sepertinya mesin pencari juga pakai algoritma sendiri untuk mengurutkan website. Nah, dengan teknik SEO ini artinya kita bisa menyesuaikan website sesuai dengan algoritma tersebut. Kalaupun tidak sesuai-sesuai amat, ya paling tidak bersahabat lah ya.


Kenapa harus menggunakan SEO?


Tidak usah jauh-jauh, kamu pasti pernah menggunakan google untuk mencari informasi kan? Dari mesin pencarilah biasanya pengunjung berdatangan. Jika butuh informasi atau apapun, pasti hal yang pertama yang kamu klik adalah google. Bisa dikatakan kalau semua orang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi. 

Mesin pencari bisa mendatangkan hingga ribuan pengunjung. Jika kamu menjual produk atau jasa, bisa jadi orang yang menemukan websitemu memang mencari produk/jasa yang akhirnya jadi membeli sesuatu dari websitemu. Jadi, jangan heran jika banyak digital marketer menggunakan teknik SEO untuk usaha pemasarannya. SEO digunakan untuk mendatangkan ribuan pengunjung. Jadi, SEO adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk membuat traffic website melambung.

Apakah kita perlu belajar SEO?


Jika sudah punya website atau blog, lalu apa lagi yang kita butuhkan? Tentunya pengunjung. 

Balik lagi pada tujuan awal dan jenis website yang kamu miliki. Jika kamu seorang blogger profesional, pemilik usaha, toko online, penjual jasa atau siapapun yang ingin memasarkan produk / jasa lewat online, sudah pasti kamu harus mengerti SEO. Kalaupun tidak mengerti 100%, paling tidak kamu paham dasar-dasarnya karena mesin pencari sangat potensial untuk mendatangkan calon pembeli dan pengguna jasa. 

Menghasilkan uang dari Blog, apa bisa?

Sebelum memutuskan untuk membuat blog menjadi mesin penghasil uang, yang perlu kita lakukan adalah

1. Menentukan niche, topik, target pembaca

Sebelum membuat blog, kamu harus tau topik apa yang akan kamu bahas di dalam blog dan menentukan siapa target pembacanya. Ini penting supaya nantinya blog kamu gak ngelantur seperti blog ini.....

2. Membuat blog

Banyak platfrom yang menyediakan blog gratis seperti blogger, wordpress, wix, atau tumblr. Karena gratis, kamu bisa memilih url yang kamu inginkan meskipun masih ada embel-embel exo.blogspot.com atau exo.wordpress.com. Jika kamu ingin mempunyai domain custom sendiri seperti kekoreaan.com , kamu bisa beli domain custom sendiri. Atau kalau punya budget lebih, bisa sekalian beli hosting supaya bisa bikin email seperti ask@kekoreaan.com.


3. Membuat Konten berkualitas dan berfaedah

Nah, ini salah satu hal penting. Katanya, content is a king. Membuat konten yang berfaedah itu susah-susah gampang. Tanpa konten yang berkualitas, google akan bingung bagaimana menilai website kita. 

4. Promosi Blog 

Ternyata, modal konten berkualitas saja tidak cukup untuk menarik pengunjung. Kita juga harus aktif untuk mempromosikan blog sendiri. Bagaimana cara promosinya? Bisa bagi-bagi lewat social media yang kamu punya, siapa tau ada yang baca. 

Kalau kamu cari, sudah banyak contoh blogger yang bisa menghasilkan uang dari blognya. Aku? Aku belom hahahahaha Gue berpikir, apakah sebenernya bisa menghasilkan uang lewat blog? Makanya sekarang nyoba dan belajar sama-sama yuk supaya blog bisa seo friendly. Jika sudah bisa menghasilkan uang dari blog bukan berarti jadi auto kaya ya. Semua itu butuh proses, jadi tidak bisa dijadikan alternatif untuk cepat kaya. Butuh kesabaran dan ketekunan. Begitu kata suhu.

Daripada fokus mencari uang, lebih baik fokus belajar ngeblog dulu, bagaimana cara meningkatkan kualitas konten dan kemampuan menulis. Beres-beres blog sembari belajar.

Yuk sama-sama belajar SEO!

You Might Also Like

0 komentar