Bodogol 2012

Minggu, Januari 13, 2013

Pintu utama
Tanggal 29-30 Desember 2012 itu adalah praktikum Inventarisasi Satwaliar terkahir di semester 5. Sama aja kaya mata kuliah sebelumnya, tiap akhir semester pasti kita berkunjung ke temapng yang judulnya Kawasan Konservasi. Kali ini praktikum di Bedogolnya adlah praktikum penerapan metode invent. Ya meskipun sudah pernah dipelajari, ini tuh kaya yang resminya aja dari mata kuliah. Tapi sebelum ini sudah pernah dipelajari juga di KP maupun di kuliah lain sekilas.
Tanggal 29 Pagi di hari sabtu yang mendung dan gerimis itu kumpul dulu di ATM center buat nunggu truk. Iya truk. Truk yang akan mengangkut kita sampai Lido. Bayanginlah itu berasa alam banget jarak Dramaga-Lido pakai macet. Berangkat jam 8.30 terus sampai di kantor terakhir jam 11. Dari resort langsung ngesot lagi ke PPKAB selama sejam kurang. Pokoknya jam 13.00 tuh udah di sana dan hahahihi dulu sama kloter 1 yang berangkat dihari sebelumnya. Perjalanannya panjang, bikin capek dan engap.

Ini adalah kali kedua gue kesini lagi setelah yang dulu tuh gue dijadiin tukang foto karena cuma cewek sendiri diantara anak SMA. Gue jadi mengingat memori waktu dulu. haha Ya maklum emang ada kesan banget di Bodogol sebelumnya. Disinilah pertama kalinya gue tertarik dengan konservasi dan tiba-tiba kepikiran untuk ambil konservasi nantinya pas kuliah. Jadi ya bisa dibilang ini titik awal gue dulu. haha Padahal baru sekali doang kesana. Ke air terjun Cikaweni dan Canopt trail doang.

29 Desember 2012
Untuk praktikum ini, dilakukan inven mulai dari mamalia, burung, dan herpetofauna. Nah dan harusnya sih dibagi 3 kali pengamatan yaitu sore, malam, dan pagi. Begitu sampai di mess langsung ke mess, makan, hahahihi sambil istirahatin pantat karena gak duduk diperjalanan. Ini nih sebenernya moment yang gue suka. Ngobrol sekelas hahahihi yang kalau dikelas bisa dilakuin tapi kalau dilapang terasa bedanya. Seneng aja ngeliatnya kita jadi pada nyatu. Kalau yang dikelas mikirnya pada belajar terus, kalau disini semuanya harus gue bikin ketawa.
Jam 3 siap-siap untuk pengamatan sore. Kebetulan kelompok gue bareng kelompok 9 dapet jalur kanopi. hahaha sesuai harapan gue. Karena incaran gue kali ini tetep gue harus melihat owa live. Ada beberapa jalur lagi yang digunakan, tapi gue lupa jumlah persisnya. Kalau gak salah sih 5. Dengan berbekal fieldguide, tallysheet, termo, raincoat, dan pensil udah pada siap kelapang semua tuh meskipun gerimis. Tujuannya sore ini sih pengamatan mamalia dengan line transek dan pengematan burung sesuai dengan kajiannya masing-masing. Sayangnya, baru setengah jam jalan--gak nyampe ding--hujan semakin besar. Nah karena hujan itulah kelompok gue balik lagi. Ya gimana kan hujan, satwanya juga gak muncul. Jadi mending balik lagi. Oke balik ke mess ternyata udah ada kelompok lain juga yang nungguin kunci kamar yang ternyata di bawa wida pengamatan. Selama 3 jam kali ada nungguin anak-anak yang tetep ujan-ujanan di jalur masing-masing. Udah jungkir balik di tempat kaya balairung gitu tapi tetap aja yang bawa kunci belum datang. Sampai akhirnya ngebantuin masak ibunya--emang nih emak-emak rempong semua. Sambil goreng bakwan dan pisang goreng sambil curhat sama si lala, mey, dan mila. Yah lumayan kenyang juga nongkrong didapur. :p

Setelah menanti, akhirnya semuanya kembali dari pengamatan sore. Istirahat bentar sambil ngeteh dan ngopi, magriban, makan malam, kemudian lanjut lagi siap-siap untuk pengamatan malam. Oke malam ini tujuannya pengamatan herpetofauna pastinya ya masih dengan jalur yang sama seperti tadi sore. Tadinya sih berharap banget hujan, eh gak taunya cerah. haha Yaudah akhirnya jam 19.00 berangkat ke tempat pengamatan masing-masing, jalan super lambat sambil 'mencari' dan tetap waspada karena katanya jalur kanopi ini banyak viper tanahnya. Jadi, selama pengamatan itu degdegan banget dah takut ketemu. Biar kata udah safety tapi tetep aja.. viper. Hampir satu jam jalan, belum bertemu sama sekali padahal habis hujan tuh. Gue juga nyari kukang tapi gak nemu. Sayang banget. Dan tiba-tiba.. seli nemu uler. oke iya ular di tanah masih baby. Baby viper tanah. alamak. Langsung deh yusuf bergerak untuk handling itu ular mau di ukur. Gue tidak melihat gimana caranya, karena gue terus melanjutkan pengamatan daripada degdegan liat ular. Oke malam itu kelompok kanopi hanya menemukan 3 jenis dari amfibi dan reptil. Jam 21.00 kembali ke mess, identifikasi sambil nyemil bakwan dan juga saling tuker informasi satwa yang berhasil ditemuin kelompok lain. Beres iden, hahahihi cerita-cerita tentang banyak hal sampai tau-tau musang lewat. oke langsung deh ngejar-ngejar tuh musang buat dapet fotonya. Ternyata disini satwa seliweran gitu aja depan mess. Gak kerasa ngobrol taunya udah tengah malam dan ujungnya bubaran karena harus tidur. Sayang sih emang kalau dilewatkan dengan tidur, tapi capek juga ye jadi daripada besok tepar pas pengamatan pagi. mending tidur. Selamat malam.

30 Desember 2012
Denger anak-anak udah pada ribut dan rebutan kamar mandi dari jam 4, tapi berhubung agak dingin dan ini mata baru aja merem 3 jam, jadi dengan kebonya gue tidur lagi. Asli mager. Jam 5 barulah gue bergerak dan siap-siap sarapan. Anak-anak yang lain udah pada nunggu sarapan di tempat biasa itu. Rame sih. Sarapan baru dimulai jam 6 kurang. Ini agak terlambat sedikit. Beres sarapan, siap-siapa lagi menggunakan jalur yang sama untuk pengamatan burung dan mamalia. 2 jam pertama digunakan untuk pengamatan burung, dan selajutnya pengamatan mamalia. Pengamatan burung ini dilakukan tergantung kajian masing-masing kelompok. Ada yang membandingkan metode dan sebagainya. Kebetulan kelompok gue, pengamatan menggunakan metode IPA. Jadi sampai jam 8 pagi leher terus nenggak keatas, mata awas dengan bino, fieldguide tetep ditangan. Beres burung, lanjut mamalia. Oke sepi banget. Selain bajing dan tupai, tidak ada lagi yang terlihat oleh mata. Owa jawa hanya mendengarkan suaranya saja. Kecewa sayanya. Yaudah jalan terus aja sampai jembatan canopy. Foto-foto hahahihi dan balik lagi deh atas.
apa namanya?


Di tempat diatas gue menghabiskna waktu dua jam setengah untuk nungguin Owa. Hasilnya.. nihil. Akhirnya disana malah pengamatan burung. Elang lewat terus muter-muter entah berapa kali. Hahahihi disana sampai akhirnya gue menyerah dan memutuskan untuk kembali ke mess dan mandi. Nyampe di mess agak sepi karena anak-anak jalur lain pada main ke kanopi dan mereka semua udah bersih-bersih. Jadi nyampe mess gak perlu ngantri kamar mandi. Gak lama gue pulang, eh hujan turun. Gue gak tahu deh gimana nasib anak-anak yang masih di kanopi, tapi kayaknya aman-aman aja kok. Hujan turun cukup deras dan mengganggu mobilitas untuk makan siang. haha Begitu hujan berhenti langsung deh ngibrit makan siang karena ternyata harus buru-buru turun sebelum hujan datang lagi.
Jam 12an, turunlah kami berjalan kaki lagi. Gue jalan bener-bener pelan sampe tiba-tiba ada suara kersekan dari sebelah kanan. Gue bilang aja angin, tapi kikin curiga dan tiba-tiba.. itu Owa. whoooooaaaa giliran ditungguin gak dateng, pas lagi jalan begini malah ketemu. Itu owa jelas banget, kita udah kaya tatap-tatapan. Tangannya lagi megang dahan dan dia menggantung dengan kedua tangannya. Gue sih cuma liat dua, tapi katanya kikin lihat 3 individu. Cukup lama gue disitu sendirian karena gue masih penasaran. Kikin dll taunya udah duluan. Gak lama ada rombongan lagi dibelakang dan gue langsung nagsih tahu biar pada liat semua. Ada kayaknya 2 rombongan sebelum akhirnya gue memutuskan untuk turun. Gak berlebihan, tapi seneng. Puas aja rasanya gak penasaran lagi lihat owa langsung gitu deket banget, bukan di ragunan. haha

jalan mobil
Pulangnya gue ketemu isa dibelakang dan akhirnya kita jalan berdua. Gue ajaklah dia lewat jalan lain dan itu membuat kami jadi anak terakhir yang sampai di kantor. Kita lewat kebun, gak jauh sih cuma naik bukit aja dikit terus turun bukit tapi kita muncul ditempat yang sama kaya yang lain kok. hehe
Begitu sampai tempat truk tau-tau hujan. Oke siaplah dengan raincoat sambil naik truk menuju dramaga. Lewat jalan cihideung dan gak taunya macet. ahelah. nasib.
Sekitar jam 5 baru sampai dramaga lagi dengan selamat setelah melalui hujan panas yang gak tentu dan tentunya berdiri full sambil nahan supaya gak jatoh. Sukses banget deh itu bikin kaki dan bokong pegal.
Beres dari ini masih ada lagi yang harus diselesaikan yaitu... laporan. Akhir tahun yang luar biasa ditutup dengan laporan

Dramaga, 2013

You Might Also Like

0 komentar