Fieldtrip CA dan TWA Pananjung Pangandaran

Selasa, Desember 13, 2011




ehem. cerita sebelumnya gue bilang bahwa kami akan pergi ke SM Pulau Rambut di Kep. Seribu, tapi berhubung cuaca dan kondisi tidak memungkinkan, maka perjalanan dibatalkan--digantikan ke tempat lain yang tidak perlu menyeberang laut dan naik gunung. Kenapa? Soalnya emang gak dibolehin ada praktikum lapang yang nyebrang laut maupun naik gunung selama musim penghujan begini.



Pada tanggal 2-4 Desember 2011 ceritanya Nepenthes 47 akan praktikum lapang Ekologi Satli di Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pananjung Pangandaran yang terletak di Pangandaran (?). Berangkat jam setengah delapan malam setelah sebelumnya kumpul di depan ATM center grawida. Yah biasalah ya banyak yang ngaret-ngaret blablabla. Lucu-lucu ngeliat bawaan anak-anak yang bergembol-gembol dan berjinjing-jinjing. Mentang-mentang gak di haruskan pakai keril jadi pada pake daypack tapi tetep aja masih pada jinjing-jinjing. haha lucu aja liatnya. Untung kaga pake jalan kaki banyak, jadi gak ngeribetin.
Perjalanan 12 jam terlewati dengan tidur untuk menghemat tenaga karena sesampainya disana kita harus langsung pengamatan. Nah karena keterlambatan waktu tiba di sana maka banyak jadwal yang harus dirubah. seharusnya kami bisa sampai sana jam 4 pagi sehingga ada waktu sedkit untuk istirahat sebelum pengamatan jam 6 pagi, tapi apa mau dikata, kami baru tiba di pangandaran pukul 7 pagi dan hujan. Nanggung banget. Sampai di sana kami langsung menuju mess Rengganis yang tidak begitu jauh dari balai. Sampai di mess disambut oleh kelompok Macaca fascicularis yang coba merebut kantong keresek berisi makanan yang dibawa oleh asisten parktikum kami.

bersambung ya mood ilang


You Might Also Like

0 komentar