E347

Sabtu, November 12, 2011

Keadaannya sekarang gak bisa gue ceritakan secara gamblang disini, menyangkut masalah privasi sih sebenernya. Gue akan berbagi moment bersama para Nepenthes. Kalau di hitung-hitung, sudah hampir 4 bulan bareng sama mereka. Awalnya, biasa aja masih pada canggung, kaku, garing, pendiem, dan cuek satu sama lain. Itu gue rasain banget. haha Karena pada awalnya emang masih pada tertutup pintu-pintu hatinya (?) ah ngaco. gak ding.
Seiring berjalannya waktu, lama-lama dari yang tadinya tau muka, tau nama, kenal biasa, sapa-sapa asal, dan akhirnya bisa ngobrol dan tertawa bareng mereka. Kalau gak ada yang namanya MPD, pasti kita gak bakalan kaya gini juga. Beneran. Yah paling enggak ada moment yang bisa bikin kita semua barengan dan itu berharga banget.
Dari kuliahan, semuanya menuntut untuk kerja tim jadi ya bisa dipastikan kita memang harus bisa mengenal semuanya. Kalau gak kenal, gimana caranya kita bisa kerja sama toh? Awalnya emang hopeless banget harus kenal 115 orang beserta asal usul-usulnya, tapi lama kelamaan toh bisa juga ternyata meski emang agak berat awalnya karena kebanyakan orang. Tapi itu dia, karena kita kuliah bareng, praktikum bareng, MPD bareng, ngerjain tugas bareng jadinya kenal deh. Emang sih belum kenal sempurna, tapi kan proses lah dari sekarang terus dicoba buat kenal dan ngobrol dengan semua biar membaur.
Awalnya sih emang karena ada MPD, semua wajib kenal--emang harus sih tapinya. Terus bikin kelompok-kelompok praktikum, nah dari situ sih sebenernya jadi banyak kenal dan ngobrol karena seringnya praktikum ke lapang (jalan-jalan) dan ngerjain tugas MPD dan kuliah bareng. Seru-seru aja sih buat gue meski emang menyita waktu banget kuliah semester ini.
Dari praktikum dendrologi yang selalu ngegambar daun dan jalan keliling kampus demi belajar bentuk tajuk pohon, RAE yang harus survey lokasi wisata alam dan wawancara serta mutar otak untuk perencanaan kawasan, ESL yang selalu ngafalin nama-nama satwa sebelum praktikum, ke ragunan bareng, dan group project. Lalu KSDAH yang pastinya menuntut kita memahami konsep konservasi SDA, Metode statistika yang bikin jereng dan ketawa garing kalau gak ngerti-ngerti, dan kuliah-kuliah kayu yang selalu membuat kita tertawa.
Biar baru beberapa bulan dan history yang gue ukir sama kalian masih dikit, tapi tetep aja loh ada juga yang gue inget. haha tumben. Mungkin hati gue udah terbuka dan siap menerima kalian semua sebagai keluarga baru di tahun-tahun mendatang. Gue tidak lagi menyangkal, sekarang pasrah aja.. biarkan semuanya ngalir kalau emang gue nyaman sama kalian. Biarkan gue tenang dan menatap masa depan (ceilah..)
Tapi.. gue gak suka kalau ada yang merasa jadi bos diantara kita. Bersatulah-bersatu tinggi rendah jadi satu doong~
Selain ketua angkatan, dalam satu angkatan plis jangan ada yang sok jadi bos dan ikut-ikutan sok galak. Gue menghormati ketua angkatan dan menghargai kalian semua, tapi prinsip tinggi rendah jadi satu dooong. Kan kalau ada yang aneh gue jadi bingung mau berekspresi, salah-salah gue malah jadi cuek.
Gue tau diantara lo ada yang jadi jagoan atau pahlawan, tapi tau situasilah. Kita kan satu angkatan, jadi harus saling membantu dan mendukung satu sama lain, jangan ada yang menjatuhkan, jadi gue gak bakal ahas ini lagi ah. haha Engga kok, maksudnya yah biar jadi bahan evaluasi aja. Songong ya? haha Mari kita saling introspeksi diri masing-masing.

Untuk praktikum selanjutnya.. kita akan ke SM Pulau Rambut akhir november ini. Bisa dibilang, beberapa mata kuliah ikut nyampur meski tersirat. Yah mari kita sama-sama berjuang biar kita semua bisa berangkat kesana. Jangan berharap bisa berleha-leha disana, kegiatannya bakal padat pengamatan (sok tahu) yihaaa-- penasaran gue jadinya bakal bagaimana perjalanan kedua kalinya barengan sekelas besar.


You Might Also Like

1 komentar

  1. bersatulah-bersatu tinggi rendah jadi satu... bertolongan selalu.... hehehe aku banyak belajar dari baca-baca tulisan kakak nih. nice share kak (?)

    BalasHapus