baja

Rabu, September 29, 2010

Awalnya sih entah darimana. Tapi hari minggu anak-anak ngajakin kumpul yang mau ikut ke tnggp. Datenglah gua jam setengah satu ternyata udah ada miro, jali, ken, gori, indra sama dimas aku. Terus datenglah akbar, velda sama s dimas item. Ternyata gue dateng masih ada problem soal perizinan naik dari balai. Daftar online gak bisa, di telpon juga gak bisa. Yaiyalah orang hari minggu, kata gue. Kita akhirnya mikirin plan b jikalau engga jadi ke gede-pangrango. Tapi tetep aja masih pada gak rela kalau engga jadi naek. Dengan ketidakpastian bisa naek apa gak, besoknya kita packing barang dan logistik sementara miro dan dimas item coba ke balai. Ternyata oh ternyata balai masih tutup. Gak pastilah kalau begitu kita bisa naek apa kaga. Kata satpam sih tanggal 14 buka tuh balai. Akhirnya mirdim kembali lagi ke bogor dengan basah kuyup dan dengan ketidakpastian juga. Kita bingung lagi.
Plan A : naek tanggal 14 lewat cibodas turun tanggal 16 lewat putri.
Plan B : kalau gak bisa plan A baru deh nunggu sampai esok tanggal 15nya bisa naik apa gak.
Plan C : ….balik ajalah.
Udah pada gak bisa mikir semua karena lapar dan capek. Hahaha gak ada pilihan lain. Paling kalau bener- bener engga bisa naek ya… nanti juga kepikiran mau kemana lagilah.
Selasa,14 september 2010
Masih dengan ketidakpastian, pagi itu Jam 6 kita kumpul dirumah jali. Gue, aisah, ken, akbar, miro, jali, indra, gori dan item. Emang banyakan kok. Rencananya kita berangkat jam 6 pagi biar gak kena macet dan angkutan gak mahal. Maklumlah daerah puncak kan heboh banget kalau liburan. Kenedhy dan dimas nyari angkutan dulu yang paling murah ke cibodas. Ternyata mahal semua. Bis sampe Rp 20.000,- . L300 malah Rp 25.000. wah sinting nih. Akhirnya kita mutusin untuk gak ngambil keduanya dan kita berjalan ke halte hero untuk nyari dan nego L300 lainnya dan akhirnya dapet juga harga nego Rp 17.000,-. Berangkatlah kita dempet-dempetan bak ikan teri di dalam L300 yang jumlahnya 15 orang. Untungnya perjalanan lancar bebas hambatan dan macet.
Setelah 1,5 jam didalem colt, sampailah kita di cibodas. Langsunglah naik angkot sampai balai. Ternyata woohoo balai rame banget sama keril dan orang-orang yang mau naik. Soalnya hari itu adalah hari pertama balai buka lagi setelah liburan lebaran. Setelah urusan simaksi yang ribet ngantri bin lama, akhirnya jam 10 kita menuju pos jagawana tuh. Sebelumnya kita berdoa dulu demi keselamatan dan kesejahteraan di atas sana. Eh ternyata pas di pos ngantri juga sama pendaki dan yang mau liburan ke curug cibereum. Di pos kita diminta mendata barang-barang yang menghasilkan sampah dan yang ngandung bahan kimia dan juga yang beraroma golok. yah itu mah tergantung kecerdikan lah.
Jam setengah 11 barulah kita mulai pendakian menuju kandang badak. Sepanjang perjalanan pasti deh ketemu orang entah mau naik atau turun pasti deh ketemu. Rame dah ngantri. Jam 12 kami istirahat makan siang, eh selesainya langsung deh hujan turun menggempur. Kami agak kewalahan sedikit karena hujan deras. Dan diantara derasnya hujan itu kita tetep lanjut menuju pos pemandangan. Walaupun dingin dan basah tapi tetep aja kita jalan. Kaki kiri gue aja udah kram gara-gara kedinginan. Manteplah gue susah jalan.
Sampe pemandangan kita langsung lanjut menuju air panas. Lumayan ngangetin kaki. Eh tapi kaki gue malah kram lagi. Sekarang yang kanan. Pas banget lagi di tengah air panas. Hadeuh emang sial banget gue -.- gue cemplungin lagi aja kaki gue ke air panas, eh agak mendinganlah bisa jalan setidaknya sampe pinggir lah biar gak kesiksa banget. Udah itu gue jalan amat pelan. Gue istirahatkan dululah kaki gue biar bisa jalan lagi.
Kita ‘punten yo mari’ lah kita duluan ngelanjutin perjalan menuju kandang batu ke teman-teman yang laghi pada istirahat. Sampai kandang batu bonus tuh landai tapi kemudian menuju kandang badak naek-naek lagi.
Dan akhirnya jam 4an nyampelah kita di kandang badak. Tadi akbar sama kenedhy udah duluan bawa tenda sampai kandang badak, jadinya begitu kita sampe tenda udah berdiri. Ya sekalian ngetake tempat takut penuh. Sampai kandang badak kita langsung ngecamp disana. Habis beres-beres dan ganti baju kering, masak deh tuh buat makan malem. Nah ini dia nih problemnya.. berasnya Cuma dikit sedangkan orangnya ada 9 dan itu juga dibagi buat 3 hari. Jadilah kita irit banget tuh. Dan ternyata kalau makan pada agresif semua rebutan. Biasa ngeriung tea, makannya muter. Beres makan kita ngobrol-ngobrol dalem tenda soalnya diluar dingin dan basah kan habis hujan. Ujungnya mah maen poker tapi gak lama soalnya jam 7an kita langsung istirahat.
Rabu, 15 September 2010
Rencananya sih kita mau berangkat pagi ke pangrango jadi jam 12 malem masak makan tengah malem. Gak tau aja dinginnya kaya apa. Brrrrr. Tapi gara-gara makan kenyang sop sosis tomat, eh pada tidur lagi. Dasar emang.
Rame deh tuh di kandang badak. Tetangga sebelah ngajak berdoa biar engga hujan tapi malah baca doa udan azan. Dasar emang -.- ada yang teriak-teriak ngebangunin saur jam 5 pagi. Ada suara tetangga yang ngorok. Ada tetangga yang malahan jualan kopi. Halah macem-macem dah aya-aya wae deuh ide para tetangga hahaha
Jam 6 baru deh pada bangun dan buru-buru packing. Jam setengah 8 tuh kayanya baru kita berangkat menuju puncak pangrango dengan barang bawaan full.
3 jam setengah kayanya kita naek lewat jalan yang sungguh luar biasa dahsyatnya. Dari ngerondang, jalan jongkok, manjat-manjat ada semua deh. Gak Cuma kaki aja yang jalan tapi tangan juga ikut bergerak aktif menggapai akar-akar pohon. Luar biasa deuh pokoknya. Ditambah lagi kabut tebelnya yang sepanjang perjalanan nemenin kita terus. Begitu di puncak, kita foto-foto dulu bentar gentian minta fotoin sama abang-abang yang bareng pasusul-susul dari cibodas.
Beres di PP dan tanpa berlama-lama kita langsung menuju mandalawangi yang luar biasa sunyi..
kabut tipis pun turun pelan-pelan di lembah kasih, lembah Mandalawangi.
kau dan aku tegak berdiri melihat hutan-hutan yang menjadi suram
meresapi belaian angin yang menjadi dingin

beneran banget ini. Waktu pertama kali kesini kabutnya gak tebel banget—mungkin karena ini musim hujan kali yah. Dan mandalawangi emang keren meskipun gak terlalu luas. Edelweiss dimana-mana. Itu yang bikin gue seneng liatnya. Tapi tiba-tiba hujan lagi rintik-rintik dan berkabut. Sambil masak kita sambil dengerin puisi cahaya bulan (sebuah Tanya) biar dapet feelnya. Haha.
Tadinya kan dari mandalawangi kita mau langsung turun lagi biar bisa ngecamp di suryakancana. Tapi apa daya karena hujan dan kabut mandalawangi yang tebel kita putuskan untuk ngecamp aja disitu. Tentunya setelah nyari tempat yang agak ketutup pohon biar engga dingin banget gitu.
Kamis, 16 september 2010
Jam 1 pagi kita bangun. Setelah makan kita langsung diskusi lagi mau berangkat kapan melihat kabut mandalawangi tebel banget dan senter kita gak ada yang nembus. Jam 5 akhirnya kita berangkat turun. Untungnya kabut gak begitu tebel meskipun dinginnya ampun deh.
Setengah 8 kita sampe pertigaan dan langsung lanjut ke puncak gede pertama kali buat semua yang ada disitu. Aha tracknya sih gak begitu basah kaya pangrango tapi gue udah letoy banget nih dengkul haha udah full buat pangrango kemaren eh gede malah letoy. Masih bertenaga tapi teh udah males jalan tea. Dan akhirnya kita pun nyampe tuh di tanjakan rante. Ah gila bener dah tuh. Gue dan cewe-cewe lainnya memutuskan untuk gak lewat situ daripada kenapa-napa kan jalannya wow banget.
Sepanjang perjalanan ngantri yang naek dan turun saking ramenye. Yah akhirnya 2 jam kita nyampe di puncak gede. Akhirnye udah gak penasaran lagi sama gede. Bau belerang menyembul dari kawah. Ah lagi gak bisa sok dramatis nih gue. Yang jelas gue naik pake perjuangan banget. Betis udah gak karuan lah rasanya. Yah gue agak bingung puncaknya yang mana tapi kerenlah kita jalan di pinggir kawah. Haha begitu sampe tempat yang katanya puncaknya… edun. Rame banget kaya pasar. Serius. Ngantri. Aha jadi kurang dapet kesan aja. Foto bentar kita lanjut lagi turun ke suryakancana. Wah jalannya gak kalah dahsyat. Batu semua tinggi. Sinting banget. Gue jalan lamaaaaaaa banget dah yang penting nyampe surken. Heheh. Pas nyampe surken.. ya Allah luas banget. Waktu itu gue kesini dan baru liat seperapatnya gak sempet jalan-jalan. Hah keren Cuma edelweissnya udah jarang-jarang -.- gue punya foto surken yang tahun 80an dan itu masih banyak banget edelnya. uhuk
Kita istirahat di surken dan jam 1 kita turun lagi menuju kota. Dan hujan pun turun lagi. Dengan perjuangan akhirnya nyampe juga. Gue jalan udah kaya robot. Kaku banget nih kaki pake sepatu. Ke pangrango-gede gue pake sandal soalnye.
Turun dari lewat putri pun butuh perjuangan. Udah mah ujan, licin, dingin hah banyaklah. Untungnye aye kagak ngesot-ngesot tuh. Jam 4an kita akhirnya sampai pos putri, meskipun awalnya agak bingung di kebun orang.
Wah sampe pos langsung deh bongkar tas dan bersiap mandi. Ini juga ngantri men. Selesai semuanya bersih-bersih, jam setengah 6 kita turun lagi langsung deh nyerbu warung makan saking kelaparan hahah
Nah ini lagi problemnya… susah angkot. Akhirnya ada yang mau naik ke gede dan mereka kan pake angkot jadilah tuh angkot yang nganterin kita sampai pasar cipanas yang boro-boro deh panas. Ahaha eh pas turun ketemu temen lagi yang kemaren ketemu dipuncak (katanya. Gue sih kagak inget. Ingetnya ketemu di shelter 2 hehe) dan dia ngebantuin kita nego bus ke ciawi. Woohoo dapet deh Rp 10.000 sampe ciawi. Semua tenang semua senang kembali kerumah dengan selamat.