#Pejalankaki

Kamis, April 04, 2013

Helo.

Bukan hal aneh sih kalau gue jalan kaki. Kemana-mana pun jalan kaki toh? Yang aneh adalah kalau lo jalan pakai kepala. Mari kita cerita mengenai pengalaman jalan kaki saya. Dari TK (agak kurang yakin sih) sudah dibiasakan jalan kaki ketempat sekolah. Kemudian di SD pun gue setiap hari jalan kaki sampai sekolah. Tidak terlalu jauh sih, tapi lumayanlah. Bukannya tidak ada semacam kendaraan, tapi rasanya manja juga ya kalau bisa 15 menit jalan kaki ke sekolah tapi malah menggunakan angkot (plz deh padahal irit, gak punya duit). haha Ya ketika itu, angkutan juga memang belum separah ini sih di Bogor. Cuaca juga masih asik sekali dipakai jalan kaki. Adem dan tidak terlalu banyak polusi seperti saat ini. Macet juga jarang. Yah 6 tahun di sekolah dasar dengan berjalan kaki membuat gue terbiasa dan tidak minta macam-macam naik angkutan. Sejak itu pula, kadang setiap hari minggu pagi jalan kaki sama sepupu-sepupu ke Dreded melewati rel kereta. Asik sih. 

Masa gue menjadi anak sekolah menengah pertama, sudah agak jarang berjalan kaki karena letak sekolah yang berada di Kartini. Jauh sih dari rumah gue. Tapi tetep kok setelah turun angkutan harus tetep jalan kaki 10 menit untuk sampai di depan gerbang sekolahan. Saat itu, banyak waktu yang tersita untuk sekolah dan main di warnet. Iyalah saya anak milenium. flol. Maksud gue, itu pas lagi jaman-jamannya warnet merajalela. 2005 lah ya kalau gue tidak salah ingat. Masa remaja. Gue udah jarang banget yang namanya jalan kaki iseng di hari minggu pagi. Kadang kangen sih, tapi udah gak ada teman dan waktu lagi. Gue udah gak polos lagi, gue udah kenal dengan yang namanya angkutan umum kota alias angkot!

Ketika gue menginjak SMA, gue mulai berjalan kaki lagi. Ini tapi lebih kearah terpaksa ya. haha Engga ding. Letak sekolah dan rumah itu bener-bener berlawanan, kalau gue naik angkutan, gue udah pasti bakal selalu telat karena siapa sih yang bisa memperkirakan berapa lama angkot ngetem? Jadi, setiap pagi jam 6.20 gue harus berjalan kaki selama 10-15 menit baru disambung angkot tapi itu juga angkotnya gak masuk kedepan sekolah. Ya gitu deh selama 3 tahun terus aja begitu. haha Herannya bisa tahan gue dan sama sekali gak pernah nyoba muter. Takut telat, tapi datang biasa pun gue pasti telat. flol

Gue tidak takut mengakui bahwa gue adalah salah satu penikmat jalan kaki. Banyak hal yang bisa lo lihat pada saat jalan kaki. Waktu mendengar bahwa Bogor sedang renovasi trotoar, gue adalah salah satu orang yang ber-yes-yes-an. haha Akhirnya punya akses jalan maksimal. Dari dulu, gue selalu sebel trotoar yang jelek. Makanya gue seneng denger berita itu. Ini salah satu hasil renovasinya, tapi udah banyak bolong sana sini juga gara-gara hujan dan injakan motor! 

trotoar-- a pict bit shaky but that's okay, bro!

Kalau gue lagi lewat trotoar, gue akan marah kalau ada motor yang lewat. Itu kan sudah hak pejalan kaki, kenapa juga harus diambil motor?! Dan dia jelas mengganggu gue yang sedang menikmati bogor sehabis hujan. Sayangnya gue jutekin pun itu motor terus aja lempeng.

Saat ini? Karena gue sekarang lebih baynyak menghabiskan waktu di kampus, gue udah jarang jalan kaki santai iseng. Ya di kampus tetep sih jalan kaki, cuma feel-nya beda. Gue gak bisa senikmat dulu lagi kalau jalan kaki. Sekarang hawanya males, panas, dan berharap ada temen kelas lewat naik motor terus nebeng :p Yah gak tau deh, beda rasanya. Tapi gue masih sering kok jalan kaki, cuma rasanya memang tidak sesyahdu dulu ketika masih jalan disekitar rumah sambil menikmati gunung salak, bau hujan, dan mendung. Dramaga.. gak terlalu asik karena panas nyentriknya. Dia juga gak punya tempat khusu pejalan kaki. Paling kalau jalan kaki ke perumahan belakang aja tuh agak asik. haha

Ya entah, dengan berjalan kaki itu lo bisa bicara apapun dengan teman jalan kaki itu. Apapun deh. Bisa juga semakin kenal dengan teman jalan lo. Menurut gue, salah satu cara buat mengenal oranglain lebih baik tuh bisa dengan berjalan kaki loh. Opini ya ini. Tapi bener kan? Bayangkan aja kalau naik motor, enak gak sih mengobrol sementara yang didepan juga harus fokus dengan jalanannya. Coba kalau sama-sama jalan kaki, perhatian kita sama-sama, kita bisa mengobrol tentang apa dan siapa tanpa harus khawatir kalau kita tidak fokus dengan jalan.

Sayangnya, saat ini tidak semua orang berpikiran bahwa berjalan kaki adalah salah satu hal menyenangkan. Lihat saja dijalan raya banyak sekali motor, mobil, dan apapun deh yang menyesaki jalanan. Kadang gue bosen lihatnya. Bikin macet. Yah wajar sih, jaman memang semakin maju, populasi manusia bertambah, kebutuhan manusia bertambah, keinginan manusia untuk kehidupan yang lebih baik pasti ada. Ada sangkut pautnya sama tingakt kesejahteraan manusia jaman sekarangl kayaknya sih. Bukan menyalahkan yang punya kendaraan ya kalau macet dan tidak menyalahkan angkutan juga sih karena sayapun pengguna angkutan umum. hehe

Kalau ada waktu pulang dan kebetulan macet, gue biasanya turun--kecuali lagi capek banget ya--dari perempatan pdam, gue jalan kaki lambat-lambat, sendirian, nikmatin jalan disamping pohon pala dan krey payung. Aneh tapi gue suka. Ada hal-hal yang memang tidak bisa dimengerti oleh orang lain. Contohnya kaya jalan kaki ini. Gue mungkin bisa menikmati ini, tapi belum tentu dengan lo. Lo bisa bilang gue kurang kerjaan.. tapi gak apa-apa. Ini salah satu cara gue buat menenangkan diri dan naikin mood. Gue juga bisa berpikir tentang semua hal sendirian. Tentang kehidupan dan lain-lain. Simpel sih hanya jalan kaki, tapi kalau bener-bener suka, lo bakal kepikiran sampai segininya--atau gak lo juga emang gak ada kerjaan sampai bikin ini tulisan. haha Yang terakhir itu mungkin gue. flol
Soooo.. Selamat jalan kaki wahai pejalan kaki! :)

You Might Also Like

0 komentar