Ekspedisi M9

Selasa, Februari 28, 2012


Biasanya sih acara publikasi hasil penelitian atau pengamatan belum boleh dipublikasi sampai waktu yang telah ditentukan. Biasanya sih habis seminar baru boleh go public. Yah gue juga gak bakal cerita gimana juga sih. haha Cuma mau share catper aja ekspedisi Walat 47 kemarin (24-26
Feb 2012)

24 Februari 2012
Awalnya sih di jarkom jam setengah delapan malem harus udah kumpul di bank 46, tapi biasa jam karet Indonesia maka jam delapan baru pada kumpul, ujungnya berangkat jam setengah sembilanan. Yah dengan bawaan yang lite, gue pulang pengamatan jam setengah tujuh sore langsung packing seadanya sambil makan aja gak macem-macem. Yang penting sarung, jaket, baju aman. haha Gue berangkat dengan gaya--eh baru nyampe depan jalan raya balik lagi karena ada yang ketinggalan. Jadilah gue ngos-ngosan. Jujur aja, pada waktu gue berangkat, kondisi badan gue lagi gak enak yang ujungnya berpengaruh sama mood gue yang labil. Badan udah 5L banget capek habis kuliah, terus pengamatan di cikabayan, terus juga penyakit wanita. Lengkap. Hasilnya selama perjalanan gue diem. Cukup kesal tanpa sebab.
Dari Dramaga naik angkot carteran kadal Rp 50.000,- sampai ke Baranangsiang, disambung dengan naik ELF Sukabumian Rp 10.000,- per orang--yang masih sodaraan sama Cianjuran, tapi lebih kalem dikit. Di dalem colt gue tidur. Bodo amat dah daripada gue mual dan ngeribetin orang lain. Soalnya pengalaman nih pasti eneg bin mual banget naik beginian. Gak santai boss bawaannya. Karena perjalanan malam dan kayaknya sih jalan yang lengang, sekitar jam setengah dua belas malam kami sudah sampai di perduaan ke HPGW. Begitu turun colt gue langsung molor depan masjid sambil nungguin colt selanjutnya karena rombongan emang dibagi dua. Yang lain malah jalan-jalan yasudahlah badan gue drop banget dan cuma gue doang yang ngerti gimana ngatasinnya. Mending tidur aja. Gak lama, colt 2 dateng dan gak lama juga jemputan dari pihak HPGW dengan mobil merah yang biasa ngangkut getah pinus datang. Tim angkutin barang ke atas bak mini itu dan sebagian juga ada yang ikut naik duluan keatas semntara yang lain nunggu giliran. Gue kedapetan kloter 2, yah itu sih gue yang mau. hehe Udah kepenuhan dan gue lagi males bersaing jadi ngalah aja. nyehehe :3
Setelah kloter 1 berangkat, ada kali setengah jam kemudian mobil dateng lagi buat ngangkut orang yang tinggal sisa dikit. Agak heboh juga sih pake bak mini bekas ngangkut getah pinus terbuka naik ke walat, was-was takut kena getah kalo duduk tapi kalau gak duduk takut jatoh kejengkang. haha ujungnya yah duduklah bro! safety first. tapi ada aja yang mampu berdiri.
Akhirnya jam dua belas lewat sampai juga di base HPGW dan kami langsung menuju dorm Rasamala. Yah pokoknya kalau di walat itu insya Allah terjamin deh kehidupan kalau emang udah izin resmi mah. Dorm ada, makanan gratis, kendaraan ada. hehe Nyampe Walat gak usah mikir yang lain tinggal mikir pengamatan aja gimana. Baru dateng aja merena ngerti banget kalau kami lapar tengah malem dan banyak makanan akhirnya tengah malam pun dijabanin buat makan. Gak semua makan sih emang, yang mau aja. Kalau gue sih mau banget. haha Beres makan balik lagi ke Rasamala. Sebagian ada yang bantuin ngerakit trap dan sebagian udah nyusul yang awal udah pada tidur.

25 Februari 2012
Bangunnya kesiangan semua. Iyalah baru pada tidur pagi. Gue aja nyerah jam 2an karena inget paginya pengamatan dan kebagian jalur panjang, nah yang udah duluan sebelum gue pun sama aja haha berhubung malamnya gue udah siap pengamatan, bangunnya gue nyantai tinggal ambil baju lapang sama tas langsung brangkat dah. hehe Oke gue kebagian jalur dengan Ella dan Danang di jalur 4 yang menuju TVRI. Yah maklum dari awal emang udah salah belok akhirnya kami malah ngetrack jalur BCR dan ujungnya ketemu di jalur 3 kemudian balik lagi ke Rasamala. Ibarat kata nih, TVRI utara, eh kita jalan ke selatan. Ya mana ketemu. Akhirnya kami malah ketawa-tiwi begitu tau salah jalan. Nyasar sih engga, cuma salah jalan. haha Sampai di R, ketemu lagi sama tim Cyroptera, senior E, dan bang hadi yang lagi pada ngobrol udah bakar umpan. Ceritalah kami salah jalur hehe Dan yah begitu, ketauan lah bahwa dari awal aja beloknya udah salah yah salah semua haha yah udah akhirnya ngubek-ngubek peta lagi buat memperjelas jalur.
Seteleh beres masalah jalur, kami sarapan dulu. Beres sarapan, briefing lagi buat masang trap. Tim dibagi 2 jalur. Dan gue kebagian jalur 4-2-1 yang mana agak panjang juga. 4,sekian km lah muter.

Super Trap Jalur 1

Jam 1 siang semua trap udah selesai dipasang, kami istirahat deket portal dan ujungnya ada pelatihan GPS dadakan oleh Pak Uus. hehe lumayan biar gak gaptek banget lah udah berani mencet-mencet GPS. Karena kelaparan, kami kembali ke R. Begitu sampai R ternyata sepi pada tidur siang. ckck Untungnya makan siang udah dateng jadi langsung aja buka lapak makan. hehe
Beres makan, istirahat segala rupa buat pengamatan sore hari. Eh udah diduga.. hujan deras pake kilat dan gluduk. Gue yang tadinya cuma rebahan akhirnya ikutan tidur juga meski tidur ayam.
Dan hujannya awet gak mau berhenti sampai sore. Mau pengamatan juga mamal nya pada neduh pasti. Ya wess pengamatan sore ga ada. Gantinya, setelah hujan agak reda (jam setengah enam sore) hampir semua manusia kecuali gue, Ella dan Hulda pada ikut masang net di mulut Goa. Gak tau ceritanya kaya gimana yang jelas di R heboh gara-gara macaca nya riweuh mau masuk rumah. Cuma seekor tapi bandel banget tuh monyet. Akhirnya setelah diusir sama bapak-bapak di sana kami agak tenang. Itu monyet bukannya nyari pohon tidur malah nangkring deket ventilasi. kasian dia. Perilakunya memprihatinkan. Ngeliatnya juga kasian sih.
Kami bertiga akhirnya beres-beres R eh jam 7-an datenglah kloter 46 dari Bogor yang pada kebasahan habis keujanan dijalan. haha Yang dateng ada delapan orang. Begitu sampe langsung pada makan kasian kelaperan habis ujan-ujanan :p
Gak lama, tim net juga dateng langsung deh semua ngobrol dan briefing buat esok hari. Seteleh briefing langsung recap data hari itu juga. Beres itu.. tidur buat pengamatan esok hari dan ambil trap.

26 Februari 2012
Tiap masing-masing 6 jalur itu orangnya udah nambah 1 dari 46, udah gitu ada yang ditambah tim goa kemaren juga. Banyak dituker-tuker orang dan jalurnya, tapi cuma jalur 4 yang orangnya itu lagi cuma di tambah bang bego. Yaudin. Setelah kehebohan monyet horny di pagi hari, semua tim bergerak ke jalurnya masing-masing. Kali ini kami gak salah jalur lagi dong. Belum lama jalan pas lagi ngamatin monyet terdengar suara gonggongan anjing kampung. mampus. Agak ganggu soalnya ini anjing brur. Gak lucu juga kalau di kejar anjing di medan kaya begitu. haha Setelah agak tenang, kami jalan lagi. Eh baru berapa meter tuh anjing udah depan muka si Bego. kan bikin panik yah langsung aja semua balik badan dan lari nyerodot-nyerodot ngumpet di belakang pohon. Aslinya konyol itu kalau lo tau gimana kami berlima paniknya. Udah teriak ke yang punya nya juga sih tapi tetep aja haha setelah nyari kayu, akhirnya jalan lagi dengan was-was tapi ntungnya aman kok. Nyampe di akhir perbatasan jalan, terlihat seekor monyet yang lagi nangkring lemas di pohon. Kayaknya sih sakit. Dia gak bergerak loh cuma ngeliatin aja, di foto pun dia pose. kasian sekali si monyet terluka.
Pas lagi ngeliatin tuh monyet, ketemu sama tim jalur 2, katanya itu monyet bandel di camp yang dikeroyok 4 anjing. Asli kasian banget tuh monyet. Kayaknya itu balesan udah menganiaya wiwid deh tapi tetep aja kan kasian monyetnya. Akhirnya tuh monyet cuma terduduk di percabangan pohon dengan muka melas. Salah dia sendiri ikut-ikutan tim 2 pengamatan eh malah di keroyok anjing jadinya. Dan pas tim pulang, monyet itu gak ikut lagi. Entah nasib dia gimana sekarang setelah digigit anjing. Kasian sih tapi dianya juga udah lemes diatas pohon gak mau kemana-mana, yaudah di lepas aja tuh monyet.
Beres segala pengambilan data, waktunya beres-beres karena siangnya udah harus pulang juga ke Bogor lagi. Ada yang tidur, ada yang ngobrol dan ada juga yang main. Gue sih ngobrol aja di R hahahihi. Hari udah mendung, yang ambil data juga udah pada pulang, yang tidur udah pada bangun saatnya siap pulang. Beres-beres.
Jam 3 sore akhirnya kita pulang diantar 2 mobil, 1 mobil kijang, 1 lagi bak merah pinus. Cuma gue dan Isa cewek yang di bak mini belakang, sementara asti dan wiwid ada di depan dan cewek2 lain pada di kijang. semprul tapi asik-asik aja. Lah baru berapa meter hujan turun dan akhirnya hujan-hujanan lah yang di bak mini. Mana hujannya pake geluduk lagi. brrr dingin. Karena susah transport akhirnya dianterin sampe pertigaan Cibadak. Dari situ 2 colt langsung di carter sampai baranang siang dengan isi masing-masing 10 dan 11 orang. lega banget tuh colt. Anak-anak yang pada kebasahan di colt tetep kebasahan. Untung baju lapang gue masih selamat jadinya gue masih bisa pake itu. haha Jam 6 sampai baranangsiang dengan kedinginan dan mual naek roller coaster itu. Kasian anak-anak pada mual--termasuk gue. haha Dari sana lanjut dengan carter 03 samapi ke bank 46 lagi. Disitulah perjalanan hari itu berakhir dengan kedinginan. haha

The end
Note: Tunggu aja hasil seminar tanggal 11 maret 2012. Akan gue update kok gimana nasib selanjutnya.

You Might Also Like

0 komentar