Sebuah cerita: Mizan Writing Bootcamp 2022

Jumat, September 02, 2022

cerita mwb 2022 k


Mizan Writing Bootcamp 2022 adalah pengalaman pertama gue lolos jadi finalis (ceritanya 50 besar gitu) dalam sebuah kompetisi menulis fiksi—atau menulis secara general. Gue jarang banget ikut kompetisi karena intuisiku bilang… enggak usah. Kalaupun ikut ya udah ketauan lah ya gak pernah lolos. Hahaha

Jadi, suatu hari di bulan April ada pengumuman di Rakata soal Mizan Writing Bootcamp 2022. Setelah itu pararel pengumuman gimana cara pendaftaran, seleksi, dan pembicaranya. Saat itu, gue tahu kalau harus nyoba ikut meskipun masih bingung menginterpretasikan tema “A Closer Look”. Kayaknya baru mulai agak paham arahnya setelah dengan Spacesorry gue short memory syndrome, lupa jelasnya gimana. Pokoknya interpretasi gue sih berarti fokus ke internal konflik.

Beberapa hari setelah itu, gue fokus bengong mikirin premis dan sinopsis. Sejujurnya gue gak biasa bikin begituan. Biasanya, gue bikin kalau diminta buat submit ke platform berbayar tapi itupun biasanya cerita utuhnya udah ada. Iya, proses gue emang kebalik T.T

Saat itu, kayaknya gue juga udah tau kalau lagi mau belajar full-stack DM jadi mau gak mau harus memaksa diri menyelesaikan itu premis dan sinopsis secepat mungkin karena kalau ditunda dah pasti gak akan fokus. Submit secepat mungkin, lalu lupakan. Akhirnya, gue luangkan waktu untuk brainstorming.

Gue coba buka bank ide, corat-coret ini-itu, bengong, bongkar-pasang ini-itu sampai akhirnya gue memutuskan untuk bikin dua premis. Tadinya mau satu, tapi firasat gue yang satu terlalu ‘banyak kebetulan’ dan ah itu mah curhatan gue banget. Gue tahu nulisnya bakal susah karena harus memaksa merasakan perasaan yang ah males banget gue inget. 

Coret Harapan

coret-coretan gue yang gak jelas

Long story short, gue kan punya daftar manifestasi ya di jurnal. Isinya kebanyakan sih keinginan, tujuan, harapan, cita-cita dll. Dengan kepilih beginian, gue ternyata berhasil coret satu nomor dari daftar itu. Wkwkwkw Memang gue nulis gak spesifik sih jadi hahahaha ya B aja.

Sebenarnya, gue gak nyangka kalau bisa terpilih masuk dalam 50 besar. Sebuah pencapaian di tahun 2022 yang waw sekali. Kenapa gak nyangka? Gue bukan siapa-siapa di dunia platform online, lone wolf, gak aktif di komunitas apa pun, pembaca pun gak banyak-banyak amat, pokoknya kalau bandingin hal-hal yang kelihatan di dunia… ya gak kelihatan.

Jadi, pas kebetulan buka grup rame-rame karena pengumuman, ya gue ikutan buka Instagram. Gue terkejut dong sampe pos di twt nanya itu bener apa bukan, nanya ke Miminnya bener apa gak. Ya lau lihat aja dong itu banyak nama yang aktif di dunia platform bahkan yang dah tembus cetak penerbit mayor. Gue yang remah rengginang begini ya kaget laaaa. Manusiawi banget. Pertama kali ikut beginian kok hoki…..

Gue belum tahu premis mana yang lolos jadi gue sok-sokan aja kalem. Padahal in real life gue mondar-mandir terus ketawa-tawa kek orang bego. Ya memang tidak menyangka. Grup Mizan cuy. Kagak ada kebayang sama sekali lho. Jadi memang sebuah kejutan. Untung sih pas lagi WFH jadi gak heboh sendiri di kantor.

Mungkin kalian bertanya-tanya, “Ah, asaan kagak ada nama lu di list 50 besar.”

Ya memang, gue daftar pake nama pena. Bukan sebuah rahasia yang super rahasia banget, beberapa teman tahu kok nama itu, tapi yang gak tau ya gak perlu dikasih tau juga hahaha Jadi, memang tidak banyak woro-woro. Gue sampe ss terus nanya itu nama pena gue beneran atau bukan saking gak percayanya. Mau excited tapi ternyata bukan kan malu yak, jadi yaudah tahan dulu sampai dapat email. Dan ternyata benar itu nama gue.

Begitu tau judul ceritanya, jujur nge-blank. Gue lupa itu cerita yang mana pula. Satu gue bikin sehalu mungkin dan terlalu banyak kebetulan. Satu lagi ya halu juga tapi masih agak realistis dikit. Gue sempat khawatir si superhalu yang kepilih, untungnya sih enggak. Ngebayangin harus hulis superhalu tapi nyata tuh bikin stress. Ingat, fokusku konflik internal. Gue harus masuk ke kepala tokoh utama, merasionalkan semua pilihan dia, dll. Yang menurut gue lebih susah daripada yang satunya. Ternyata ya sama aja sih susahnya. Bedanya, karakter di cerita kedua ini udah terbentuk dari lama di kepala gue. Jadi, gue tinggal merajut dan ‘manggil’ mereka lagi.

Upaya tidak menyabotase diri sendiri

Habis terkejut, lalu gue sibuk mikir what to do next yang artinya apa pun yang terjadi gue tetap harus menulis. Masalahnya, gue cepet lupa dan saat itu gue lagi ngerjain naskah lain. Bisa paralel, tapi gue sudah memutuskan untuk gak pararel supaya tetap waras dan bisa kerja normal. Pokoknya saat itu gue bingung karena kerjaan di kantor lagi ribet, ikut 2 kelas bootcamp, tambah lagi bootcamp ini.

Jujur aja, Mei – Juli itu kalender gue kayaknya padat banget. Biasanya gabut, jadi kerasa banget agak kewalahan mikir yang mana dulu yang mesti dikerjain karena semua hal yang gue lakukan itu sangat berarti untuk growth-ku. Growth banget nga tuh……

Gue enggak terlalu ambisius sampe ujung banget, tapi yang penting berusaha dulu aja jalanin apa yang mesti dijalani. Susah sih karena sebetulnya satu sisi mau tetap begini-begitu, tapi semesta kayak… oh tidak bisa, cingu. Ini tuh bagian pelajaran yang datang berulang. Gue dikasih kesempatan dan biasanya akan menyabotase diri sendiri. Pelajaran yang gue maksud di entri karmic lesson kemarin. Kali ini, gue gak bole gitu. Akhirnya yaudah dijalani aja. Kalau gue menghindar lagi, yang ada nanti ngulang lagi pelajarannya. Capek kan. Yaudah jadi jalani aja.

Hal-hal yang tidak nyaman gue lakuin tapi berhasil gue lakuin: buka gembok Instagram, reach beberapa temen minta vote biar gak ngenes. Wqwq

Orang yang kenal dekat sama gue mungkin dah pernah denger kalau mimpi gue suka ada artinya. Kalau gak ya berarti gue gak cerita kali ah. Intinya, yaudah. Hahaha I tried, gak gagal lho… Cuma belum berhasil lanjut aja hahaha Perasaan kecewa sudah pasti ada, tapi ya wajar namanya juga manusia. Kayaknya sih memang bukan waktunya, jadi yaudah wkwkw     



Aku kembali ke kehidupanku lagi yang kayak biasa. Semua bootcamp selesai dan akhirnya aku bebassssssss.

MWB 2022

Soal kelas dan materi di MWB 2022 ini cukup membantu banget sih. Personally, gue suka materi pas Kak Windy, Uda Ivan, dan Kak Theo. Selaras dengan yang kubutuhkan dan kuinginkan. Bukan hanya menulis fiksi, tapi lebih ke pertanyaan personal yang kebetulan banyak bisa kejawab melalui pertanyaan orang lain. Hahaha Anyway, gue ini slow, bukan tipikal yang satset mikir. Prosesnya panjang. Kalau gue nanya, berarti sudah lewat proses itu.

Gue suka materi-materi yang disampaikan karena pada dasarnya memang senang mendengar jadi seru aja dengerin penulis dan orang-orang industri ngomong. Selalu menarik mendengar cerita dari orang-orang di industri dan tentu aja jadi nambah pandangan baru. Ditambah lagi bantuan catatan dari kakak-kakak di grup 50 besar itu.

Gue mau berterima kasih ke tim Rakata atas kesempatan yang sangat berharga ini. Gue percaya orang-orang yang gue temui dengan sengaja atau gak sengaja di dunia gue sekarang ini pasti ada artinya. Kalau sekarang belum paham tujuannya apa ya enggak apa-apa, mungkin lain kali bisa lebih paham. Hahaha Terima kasih juga untuk diriku, teman-teman pembaca, temanku beneran, dan semua makhluk di bumi ajalah. Tanpa kalian semua, enggak akan ada postingan ini.

 

 

Jiwa kompetitif gue tuh kayak gak terlalu ada sebenernya. Ada tapi mungkin orang yang bisa nilai segede apa. Kalau gue sih ya tidak merasa. Hahaha Sekian dulu curhatanku yang isinya gak jelas.

Mari bernyanyi, que sera sera, whatever will be will be~~     

Ceritanya akan tetap gue selesaikan kok, cuma ya gatau kapan selesainya... heheheheh                

You Might Also Like

0 komentar