Solo Trip: Ngegalau dan Elyxion Malaysia 2018

Selasa, Oktober 09, 2018


"Kalau gak tahun ini? Kapan lagi?"

Dari pemikiran gitu doang, bisa bikin gue yang impulsif ini memutuskan untuk berangkat. Waktu itu lagi heboh soal perubahan wajib militer Korea Selatan. Mas Minseok yang lahir tahun 1990 udah harus wamil sebelum usia 30. Kira-kira begitu rumor yang gue dengar. Gue langsung menghitung, membayangkan dan mengira-ngira kapan EXO ada tour lagi dan kapan mampir ke Indonesia. Nihil. Udah dua kali Indonesia dilewatin gitu aja dalam tour meskipun ya tahun lalu ada acara Music Bank  ke Jakarta yang btw gue gak nonton wkwk

Pilihannya ada dua yaitu ke Malaysia nonton Elyxion in Malaysia atau nunggu Tour ke 5 yang mungkin udah gak OT8 atau OT9. Karena gue gak mau rugi, gue pilih ke Malaysia lalu puasa konser sampai EXO balik konser OT9. Ekstrem gak? Minimal 2 tahun sekali gue ngeliat exo biar tabungannya pas. wkwk

Waktu itu H-30 hari, gue belum punya tiket konser dan tiket pesawat. Duit juga pas-pasan banget, bingung mau beli gimana. Entah gimana nih, penyelenggara di Malaysia buka 'Global Package' modal bukti bookingan hotel, passport dan CC / Debit VISA namanya EXO Planet #4 Hospitality Package. Gue melihat itu sebagai sebuah jalan. Ini beda ya dengan Global Package dari SM Entertainment. Anggaplah ini versi murahnya.



Apa yang didapat dari Star Planet Package?

1. 2 Tiket CAT 5
2. Transportasi dari Hotel ke Venue
3. 2 lightstick
4. Minuman

Harganya 829RM atau sekitar 2.9juta. Mahal T.T tapi kalau udah dipikirin ya lumayan juga dari KL Sentral gak usah mikir lagi ke Bukit Jalil gimana. haha Karena dapet 2 tiket, 1 lagi ya tentu aja gue jual lagi. Antuasiasme tinggi membuat DM twitter agak membludak waktu itu. Alhamdulillah laku.  Gue gak punya ekspetasi apa-apa sih dengan tiketnya, gak mempermasalahkan juga mau jauh banget apa gimana yang penting gue nonton wkwkw Euforianya dapet

Yang gue lakukan untuk daftar SP:
1. Buka link yang dikasih SP untuk paketnya

2. Isi data diri dengan lengkap dan benar. Isi sesuai dengan nama di passport, jangan pake nama gaul.

3. Tunggu konfirmasi e-mail datang. SP akan kirim e-mail yang isinya formulir yang harus diisi beserta dokumen yang harus dilengkapi seperti: Foto Passport, foto CC, bukti booking hotel. SP kasih waktu 3 hari untuk lengkapi formulir dan dokumen.

4. Booking Hotel
Untuk pesan paket ini, gue harus booking hotel dulu. Kebingungan gue belom berakhir karena gue masih gatau kapan gue akan berangkat karena gue masih mantau tiket pesawat dan pertimbangan lainnya seperti gue meliburkan diri apa gak ya. Karena itu, gue akhirnya cari hotel yang murah, yang bisa pake promo, yang refundable kalau gak jadi berangkat, yang aksesnya mudah dari KL Sentral. Setelah browsing muter-muter membandingkan harga dan lainnya, ujungnya balik lagi ke Traveloka dan pesen hotel di sana untuk 7 - 8 Juli 2018. 

Setelah booking hotel, gue galau lagi takut gak ada yang mau beli tiket gue karena kalau gak ada nanti gue rugi bandar. Kan sayang. Terus lewat dari batas waktu akhirnya gak gue submit. Aku relakan bookingan hangus. Eh ternyata satu minggu kemudian dikirim e-mail lagi sama SP bookingan gue masih berlaku. Gue mikir, "Inikah kesempatan kedua?"

Gue langsung gercep pasang iklan jual tiket konser exo, lihat respon ternyata oke. Gak banyak cincong, gue submit aplikasi SP Package.

5. Setelah submit, tunggu konfirmasi lagi dari sana lewat e-mail kalau pesanan gue sudah diproses dan sudah ada pendebetan sebesar harga tersebut. Kemudian mereka telpon dan menjelaskan segala rupa blabla gue lupa. Pokoknya oke, nanti mereka akan hubungi lagi H-1 lewat WA. Gue iyain aja dengan bahasa Inggris yang paspasan. 

Kira-kira begitu proses gue mendapatkan tiketnya. Panjang juga ya, singkat cerita nih gue akhirnya beli tiket pesawat Traveloka (lagi) setelah membandingkan harga-harga di berbagai website. Dari niatnya berangkat 7 pulang 8, menjadi berangkat 6 karena semakin dekat tiket makin mahal. Tentu aja gue nyari yang murah. 

6 Juli 2018

Mendarat di KLIA 2 sekitar jam 5 waktu sana. Gue pernah ke KLIA 2 tapi cuma numpang liat-liat, jadi ini pertama kalinya mendarat di KLIA 2. Bingung gak? Gak, menurut gue cukup mudah karena udah banyak papan infomasi. Gue berangkat sendiri btw, jadi pas nunggu boarding gue ngegalau merhatiin orang-orang sambil mikir ini ada yang mau nonton konser juga gak ya. Beruntung banget gue dapet posisi deket jendela jadi bisa mepet syahdu /gak.

Dari KLIA 2, beli tiket bus ke KL Sentral 12RM. Perjalanan dari airport ke KL Sentral 1 jam. Di KL Sentral, gue ke mall terus nyari SIM Card. Jangan beli di airport, mahal. Gue cari Maxis Hotlink yang harga 10RM dan cukup buat 3 hari. Kenapa beli? Buat komunikasi dan internetan soalnya roaming mahal. Antisipasi gue harus nelpon supir dari SP karena nomornya ya nomor Malaysia nanti kena roaming gue pusing. 

Gerai Maxis kalau gak salah ada di LT3. Visa googling sih. Nanti ada display kartu perdana baru, pilih aja mana yang kamu mau abis itu ambil antrian. Atau samperin aja CS bilang mau beli sim card terserah pakai bahasa Indonesia atau Inggris. Nanti cuma diminta passport aja terus yaudah tinggal pakai.
Kira-kira begini Hotlink RED

Setelah beli SIM Card, gue langsung keluar mau naik monorail menuju Bukit Bintang. Jangan tanya mau ngapain karena gue juga gak tau, mau numpang tidur doang. Naik monorail 2.5RM, belinya pake mesin. Gak bisa uang pas. Jadi bayarnya 3RM nanti ada kembalian. Gue jadi pengumpul receh. hm

Di Bukit Bintang, gue menginap di 21 Capsule Hotel Bukit Bintang lewat booking.com. Dari review katanya tempatnya sih baru dan lumayan. Harganya sekitar 70.000/malam, dan deposit dulu 20RM. Ya lumayan buat selonjoran doang. Menurut gue ya lumayan kalau buat sekedar tidur. Cuma.. ya gue gak tau apa yang terjadi karena jelang pagi capsule yang bagian atas ini goyang jadi satu 'rumah' ikut goyang. Jangan tanya itu orang ngapain, gue juga gak tau, gak mau ngebayangin juga. Waktu itu udah sempet takut tapi untungnya pagi cepet datang T.T

7 July 2018

Hari H nih ceritanya, abis pengalaman aneh itu. Gue buru-buru mandi dan siap-siap check out sebelum bule-bule pada bangun dan menyerbu kamar mandi. Beres-beres, ngambil deposit lalu check out. Kemarin malam, gue browsing tempat makan di sana tapi masih pagi dan belom buka. Lalu gue bingung, gue gak ada rencana jalan-jalan karena emang gak pengen jalan-jalan dan males. Padahal kalau boleh dibilang masih ada waktu untuk jalan-jalan sebelum nanti ke KL Sentral. 

Gue jalan sebentar, sampe nyebrang-nyebrang jalan terus akhirnya gue nongkrong di KFC yang 24 jam beli sarapan. Kalau di sini combo riser ceritanya. Lewat Mall mau masuk mikir ah ngapain nyapein kaki doang belanja aja gak. wk Bengong ngeliatin orang lalu lalang dari balik kaca sembari nungguin Ayam Hainan buka siang nanti. Iya, gue nunggu tempat makan buka doang di Bukit Bintang.

Jam 11 lewat, gue langsung menuju Ayam Hainan Chee Meng. Masih sepi tempatnya hehe biarpun udah ada beberapa tempat terisi. Gue dapat tempat lalu pesen. 15RM udah dapet Nasi Ayam Hainan + Jus Nanas. Seger. Karena gue baru makan, agak kenyang sih tapi tetep habis satu porsi. Enak btw nasinya huhu

Ayam Hainan Chee Meng

Abis itu gue cusss menuju stasiun Monorail mau balik ke KL Sentral. Singkat cerita, gue muter-muter sebentar lalu check in hotel lagi di KL Sentral, isi baterai, tidur-tiduran nunggu jemputan. Kali ini di Metro Hotel. Lokasinya ya lumayan deket kalau mau kemana-mana.

Jam setengah 3an, gue berangkat nih menuju Bukit Jalil naik mbim. Kalau gue bilang gratis ya gak juga, kan gue bayar. Agak padat tapi gak macet. Gue janjian ketemu dengan pembeli tiket gue yang kebetulan orang Indo juga. Dia nda sabaran karena mungkin udah dari pagi di sana. Sampai Axiata Arena udah ramai sekali, pintu masuk juga udah dibuka tapi gue harus tuker tiket dulu.

Abis tuker tiket, gue ketemu dengan pembeli  lalu kasih tiket. Dia masuk duluan, sementara gue liat keadaan sekitar dulu tapi panas banget jadi mending masuk aja langsung,

HERE I AM!


Di sebelah gue orang Malaysia, kita sempet ngobrol basa-basi doang karena gue ngomong pake bahasa Indonesia. Ngobrol yang 'Iya nih huhu gak ke Indonesia, jadi yaudah ke sini aja'. Gitu doang.

Gue terharu. Pertama gue ngeliat EXO itu tahun 2014 di Jakarta, abis itu gue gak pernah nonton lagi. Tabungannya gak pernah cukup. Sampai akhirnya, hari itu gue bisa lihat mereka lagi meskipun dari jauh. Tapi gue gak nangis sih, cuma kayak yang hhhh akhirnya setelah perjalanan panjang 2016 menyayat hati gue bisa lihat mereka lagi. Seneng sih. Udah sama-sama dewasa... kayak tumbuh dewasa bareng. Dulu masih cimit-cimit sekarang Kai Sehun udah gede. hh

Selama konser berlangsung, gue tentu aja ikut nyanyi teriak juga. Gila-gilaan banget sih penontonnya. Tbh, gue udah jarang banget liat fancam exo. Scrolling masih sering, tapi untuk nonton fancam konser tuh jarang. Tapi kalau lagu ya tentu aku tau lah, ikutan nyanyi meski liriknya udah gak jelas. 
EXO-L

Selama kurang lebih 2 jam setengah tuh teriak-teriak capek akhirnya kelar konser. Tebak gue ketemu siapa di sana? Teman satu kelas dulu pas kuliah. Katanya, biar eksis boleh sebut namanya. Gue ketemu Winahyu wk wk wk

Kita nonton beda section, ketemu juga pas pulang balik bareng ke KL Sentral beli makan malam abis itu balik ke hotel masing-masing. 

8 July 2018


Perjalananku berakhir, pesawat take off jam 9 pagi jadi shubuh-shubuh gue udah ke halte (?) nungguin bus ke KLIA 2. Ternyata kepagian, tapi gpp daripada telat. Jam 7 gue udah sampai tapi emang rame banget sih airport. Udah gak tengok kanan-kiri gue langsung aja masuk nungguin pesawat datang sambil update dengan wifi bandara. 

Siang harinya gue udah mendarat lagi dengan selamat di Jakarta.


TIPS and Trick


Hal yang gak boleh dilupain kalau jalan-jalan  mau nonton konser di Malaysia sendiri:
1. Pastiin semua bukti booking udah lengkap dan mantap. Entah berupa e-voucher atau hasil cetak
2. Ingat, jangan beli SIM Card di Airport
3. Tukar uang. Nuker rupiah jangan di airport. Coba cari money changer terdekat dan cari ratenya berapa. Tukar seperlunya aja, soalnya kalo nanti ditukar rupiah lagi harganya jelek 
4. Buka Jastip (kalau bawa koper) lumayan buat tambah-tambah jajan
5. Kalau cuma mau nonton konser gak usah bawa macem-macem, 1 backpack cukup
6. Bawa power bank
7. Ambil gambar seperlunya, sayang aja udah jauh-jauh tapi gak nikmatin konser karena sibuk ambil gambar. Nanti juga ada fansite he he he
8. Hati-hati kalau beli tiket dari jastip-jastip gitu. Minta ID sebelum beli, kalo perasaan lo dari awal gak enak jangan beli .




You Might Also Like

0 komentar