Jawi

Minggu, Februari 03, 2013

kar·ti·ka Skt n 1 bintang; 2 bintang tujuh
haha bisa dilihat buku Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Balai Pustaka 1997, halaman 448.
Berbuah dari keisengan gue akhirnya dapat juga arti nama saya. Emang penting gak sih? Penting gak penting sih menurut gue. Tapi rasanya perlu aja tahu arti nama diri sendiri. Kan kalau ada yang iseng nanya kita bisa jawab. iya gak? Pernah baca juga kalau nama itu ya punya makna dan harapan dari sang pemberi--orangtua apalagi di Jawa. hmm kalau shakespeare bilang 'What is in a name?', kalau di Jawa.. nama itu punya arti dan makna yang penting. Nama yang dicari bukannya hanya bagus artinya tapi juga enak dalam pengucapannya.
Selain nama, gue juga agak sedikit usaha ke primbon jawa nyari makna Senin Wage yang mana adalah hari kelahiran gue. Iseng? banget.

Kemudian gue beralih ke sifat berdasarkan golongan darah. Berhubung darah gue A--katanya sih begitu--maka gue hanya akan menampilkan golongan darah A. Monggo..
Gologan darah A
  1. Biasanya orang yang bergolongan darah A ini berkepala dingin, serius, sabar dan kalem atau cool, bahasa kerennya. ceileeeh
  2. Orang yang bergolongan darah A ini mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya namun keras kepala. hmmm?
  3. Sebelum melakukan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu. Dan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten. konsisten? i wish..
  4. Mereka berusaha membuat diri mereka se wajar dan ideal mungkin. bener
  5. Mereke bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang. ye bener..
  6. mereka mencoba menekan perasaan mereka dan karena sering melakukannya mereka terlihat tegar. Meskipun sebenarnya mereka mempunya sisi yang lembek seperti gugup dan lain sebagainya. no comment..
  7. Mereka cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang ber'temperamen' sama.
Setelah itu lari ke bulan lahir, hari, dan tanggal lahir.. 
Bulan Mei 
- Pandai menguasai perasaan
- Pandai mengambil hati orang lain
- Punya selera tinggi dan senang kehidupan yang serbah wah.
- Senang menunda pekerjaan.
- Agak boros walau rejekinya bagus.
- Tidak suka basa-basi dan tidak senang dipuji.
  
Hari Senin
Tidak pelit, ikhlas hati dalam memberi, tidak bisa menyimpan uang, senang membela kebenaran, mudah tersinggung dan tidak pandai bicara.
Tanggal Dua Puluh Lima
Lahir pada tanggal dua puluh lima menunjukkan orang yang secara alami dapat meramal dan sangat intuitif dengan kemampuan gaib yang kuat.  Anda cenderung berterus-terang dalam menyatakan perasaan Anda dan tidak selalu dimengerti oleh orang lain.  Berbakat artistik, Anda bisa mengomersialkan berbagai lahan seni yang Anda sukai.  Kesuksesan juga bisa diraih lewat profesi, bisnis atau bidang politik.  Anda cenderung untuk bimbang dan tidak konsisten, dan Anda akan menderita karenanya sampai Anda bisa menghilangkan kecenderungan ini.  Penting sekali bagi Anda untuk belajar berkonsentrasi, berpikir stabil dan membuang jauh rasa rendah diri, iba pada diri sendiri dan depresi.  Kasih sayang adalah kelemahan terbesar Anda.  Anda harus selalu berada di jalan lurus dan sempit, karena Anda cenderung keluar dari jalan tersebut dan tertarik untuk berkhotbah tetapi bertindak keterlaluan.  Idealistis dan penuh harapan, Anda perlu memerangi rasa malas Anda.
 
Senin Wage   
Menurut kepercayaan Jawa, jika anda lahir pada hari Senin Wage anda jarang terjebak dalam keadaan yang memalukan! Ini dikarenakan anda suka merencanakan dan menimbang pilihan anda dengan hati-hati jauh sebelum mengambil tindakan. Anda cukup jujur dan tidak keberatan mendengarkan permasalahan orang lain. Berkat pendekatan anda yang tenang, anda mampu tampil meyakinkan di depan masyarakat, sehingga anda memiliki bekal menjadi diplomat yang baik. Meskipun demikian, sekali anda marah, anda tidak akan mau menerima alasan apapun. Anda terkadang begitu ndableg sehingga lebih baik anda dibiarkan sendiri saja untuk menjadi tenang kembali.

Yah itulah hasil keisengan gue. Jujur aja gue memang tertarik dengan yang agak 'jaman dulu' dan gue sebetulnya pengen banget bisa dan ngerti budaya jawa yang halus. Rasanya keren aja gitu kalau bisa. Yah tapi sayangnya gue moody banget belajarnya. Kalau pengen ya belajar, kalau engga ya cari yang lain dulu. Aslinya sih pengen banget ngerti budaya-budaya lama yang ada di indonesia. Gue tertarik juga sih sansekerta. Gimana ya rasanya.. mistis dan menarik menurut gue. Gue juga sedikit ingin tahu sastra-sastra jaman dulu. Yah mulai dari nama-nama bayi aja deh, gue suka banget sama nama-nama dari sanskrit. Apa yah namanya.. hmm suka aja. Kaya Agni, Rama, Kama, Yama, Jingga.. kedengerannya tuh orangnya kalem-kalem sopan santun khas. Bukan maksudnya nama yang lain engga bagus ya, tapi.. beda aja dengernya. Kalau gue nulis pakai nama sanskrit pun feel lemah lembut khas priyayi nya dapet. hehe Yah emang sih ilmu kejawaan gue masih dikit banget. Bahasa aja gue gak bisa, tapi gue tetep mau kok belajar meskipun masih sebatas nama-nama bayi sanskrit aja. hehe

*saat gue nulis ini sebenernya gue lagi mendengarkan wayangan di tv depan. mbah yang nyetel*
 

You Might Also Like

0 komentar