Surveyor amateur

Kamis, Juni 28, 2012

Ceritanya tanggal 7 April kemarin, gue bersama isha, ivan, aan, oge, dan bangkit menjadi surveyor pendakian massal. haha gaya ya? Oke emang gaya banget ini. Gue? gue sih nemenin yang survey aja soalnya diajakin gak enak nolak. hahaha  Aslinya gue ikut buat jaga-jaga takutnya di hari H nanti gue malah gak niat berangkat karena terlalu banyak orang. hehe Tapi ujungnya gue ikut juga kaaan. Tujuannya kali ini.. gak lain dan gak bukan adalah Taman Nasional Gunung gede-Pangrango.

gue, isha, bangkit, aan, oge, dan ivan

Tanggal 6 sore kami berangkat dari darmaga karena rencananya emang naik malem itu juga dan kembali esok harinya jadi tanpa menginap di sana. Tapi apa daya, karena gak dapet izin jadinya kampi terpaksa menginap di warung dan baru berangkat esok hari. Aslinya seru banget itu naik bareng anak-anak luar Jabar yang biasa naik gunung yang lebih tinggi. Seperi judulnya.. survey maka kami mampir ke warung rekomendasi untuk mesan tempat tidur untuk 90-an orang dan juga makannya. Tapi berhubung makannya luar biasa mahal.. gak jadi deh. Tau kok kantong mahasiswa, dan harganya emang gak wajar banget padahal transport lebih gampang. Udahlah ya. Setelah dapet izin dan nego harga, gantian kami yang tidur. Gue sih emang niat tidur, soalnya gue gak bisa naik kalau gak tidur. Ngantuk masbro.
Esok paginya, diudara dingin cibodas, kami bersiap-siap untuk menuju pos pendakian. Setelah siap dengan ransel dan sepatu tapi kami tidak siap dengan perut. haha Karena semua diluar rencana jadi kami harus irit. Benar-benar irit--sebenernya karena harganya mahal sih.
Awalnya masih gak masalah sama perut udah diisi cemilan dikit, tapi.. perut berkata lain. Sepanjang jalan terus-terusan merajuk ke isha minta dimasakin tapi karena kami hanya bawa perbekalan untuk satu hari jadilah kami harus sangat irit. Jadinya kami hanya makan cemilan sepanjang perjalanan. Tadinya ditarget waktu makan, tapi ujungnya jadi target tempat. Soalnya biar gimanapun juga hari itu juga harus udah ke alun-alun suryakencana terus langsung turun juga hari itu.

istirahat
 Di Kandang badak.. tadinya janji makan disitu tapi karena kandang badak rame kaya pasar, wush kami langsung melesat ke puncak. Dan ternyata oh ternyata.. gunung gede udah kaya pasar. wahaha Ditanjakan sesudah tanjakan setan bener-bener macet kaya ada lampu lalu lintas tiap berapa meter gantian sama oarang yang naik dan turun. luar biasa. Baru sekalinya ini gue naik gede rame banget macet pula. Segitu di gunung loh. Gak aneh sih soalnya gunung gede memang menjadi tempat tujuan wisata yang emang strategis banget. Gue lupa jam berapa, akhirnya kami sampai di kawah. Yah masih sempet sih foto mah haha
kawah
Jam 2 plus kami sampai di alun-alun dan dengan sigap langsung bangun tenda buat istirahat, nyiapain peralatan dan bahan masak dan segera masak. Menunya? lupa. Karena udah capek dan kelaperan gak niat masak macem-macem ujungnya nasi jadi bubur. Jelang magrib makanan udah siap dan langsung bangunin anak-anak yang tepar. Pada protes kenapa jalur cibodas kaya begitu dan ngebandingin dengan jalur lawu.. gue cuma nyengir aja. Dinginnya memang gak menyaingi lawu, tapi treknya panjang dan gitu-gitu aja bikin zzzz hehe ampun teman-teman. Gue yang jadi kena semprot melulu sama mereka gara-gara gue selalu bilang udah deket.
Tadinya, udah makan, istirahat sebentar terus langsung berangkat, tapi mempertimbangkan kondisi anak-anak yang pada ngantuk jadi diputuskan untuk istirahat dulu dan bangun lagi jam 11 langsung turun. Ngobrol-ngobrol dalem tenda pada curhat.. yaampun kangen. Sekarang sama orang-orang yang beda, ceritanya juga beda sampai akhirnya terlelap. Kerasa banget deh barengannya. SB cuma ada 3, digelar semua. Ini nih yang gak pernah diduga bahwa kami akan bermalam di suryakencana jadinya yaudah depekan aja. Dan saking lelapnya, jam 11 gak ada yang bangun karena hujan diluar. sekitar jam 2, akhirnya oge ngebangunin kami supaya cepet packing dan siap-siap turun jangan sampai kesorean sampai dramaga lagi.
Dengan berbekal air, senter dan headlamp kami menuruni gede lewat jalur putri dengan amat perlahan berharap cepet sampai. Tapi kan karena gaya jalannya kaya keong tetep aja nyampenya lama. Dan semuanya bawel banget nanya kapan nyampe, yaudah gue jawab bentar lagi! haha Tiap ditanya pasti gue jawab begitu, soalnya cuma gue doang yang tau. hehe maaf ya temun. Sekitar jam setengah 7 barulah sampai perkebunan dan habis-habisan gue dicecer gara-gara jarak masih 3 jam lagi dibilang 1 jam. haha kan maksud gue baik biar pada semangat!
Gak pake banyak cingcong langsung menuju pos, buang sampah dan bergerak turun nyari angkot. setelah sejam nunggu akhirnya dapet angkot langsung cabs ke pasar cipanas. Eh nyampe cipanas ternyata jalur ditutup dan gak ada bus lewat. Hanya ada elf ugal-ugalan. aaa-gue menolak habis-habisan untuk itu sampai taruhan sama anak-anak. Ada kali dua jam nunggu jalan dibuka hingga akhirnya dapet bis ekonomi juga unutk pulang ke Bogor. Gue menang. haha Tapi.. apalah daya kami harus berdiri sepanjang perjalanan ke ciawi. Iya, emang sedih dan pegel.. ditambah lagi macet. haha emang nasib gak mujur dari kemaren.
Setelah dua jam setengah akhirnya sampai di ciawi dan langsung nyarter angkot ke dramaga dengan segala pertimbangan. Sejam kemudian sampai lagi di dramaga dengan selamat. Alhamdulillah. Langsung cabs cari makan di MM! whoooa nikmat.

thanks all. kapan-kapan lagi ya!