Cerita dari Pasar Minggu

Kamis, Juni 28, 2012

Pada tanggal 21-22 juni kemarin M9 main ke Taman Margasatwa Ragunan. Tujuan awalnya sih pengen mendekatkan diri ke sesama anggota dan juga senang-senang setelah UAS. Kenapa ragunan? soalnya Ragunan murah, deket, gak perlu persiapan banyak dan kita tetep bisa ketemu satwa. haha Yah sekalian belajar juga dengan happy.
manusianya : gue, isha, nyomen, ella, okta, ocha, acil, ivan, asti, eby, bram, danang, bangkit, dan anggit.

Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu lembaga konservasi ex-situ satwa. Konservasi eksitu adalah upaya konservasi satwaliar yang dilakukan diluar habitat aslinya. Kegiatan tersebut dilakukan oleh lembaga konservasi. Lembaga konservasi adalah lembaga yang bergerak dibidang konservasi tumbuhan dan atau satwaliar secara ex-situ (diluar habitat aslinya), baik yang berbentuk lembaga pemerintah maupun lembaga non pemerintah. Fungsi utama dari lembaga kons. adalah pengembangbiakan dan atau penyelamatan tumbuhan dan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai tempat pendidikan, peragaan, dan penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan.
Itu secara umum aja ya. Kalu ingin tau lebih jelas gimana dan dimana TM Ragunan, silakan googling sendiri ya hehe

Pagi itu agak mendung sebenarnya. Awalnya kami janjian kumpul di depan BN* pukul enam pagi, tapi apalah daya gue aja jam tujuh baru bangun dan itupun gara-gara di teleponin. hehe Kirain gue yang paling telat, gak taunya ada lagi orang setelah gue. haha Namun sayangnya gak semua ikut jalan pada hari itu dengan berbagai alasan yang gue juga gak paham semua. Jadilah 14 orang berangkat pagi itu juga menuju Ps. Minggu dengan menggunakan commuter line--kereta ekonominya kelamaan. Jujur untuk urusan perduitan gue gak tau berapa-berapanya jadi gak gue jelasin ya, nanti mungkin kalau gue udah tau gue update lagi. Sekitar jam setengah 10 sampai di stasiun pasar minggu, turun langsung naik angkot yang ke ragunan tapi gue juga lupa naik angkot apa hehe 
Sesampainya di TM, beli tiket dengan harga Rp 4.500,-/orang kita langsung bisa keliling Ragunan jalan kaki. Baru beberapa meter jalan, perhatian kami sudah teralihkan dengan adanya pelikan, terus jalan sedikit udah berhenti lagi lihat bajing gemuk dan burung kakak tua yang hinggap di pohon. Padahal rencana kami akan ke Pusat Primata Schmutzer mau ngeliatin primata--yaiyalah. Untuk masuk ke PPS ini dikenakan biaya lagi sebesar Rp 6.000,- untuk orang dewasa kalau gak salah. 

ungko
 Foto yang disamping itu adalah ungko (kalau gue gak salah). Begitu turun dari jembatan yang ada si Komu, kami disambut sama Owa jawa yang lagi ribut banget. Jalan sedikit barulah ketemu ungko yang lagi gelantungan kaya foto disamping. Kasian sih liatnya abis dia diem aja, gak respon apa-apa padahal temennya yang lain rame melihat kedatangan manusia. Entah dia lapar atau karena dia sakit gue juga gak ngerti. Atau emang pingin diem. Pokoknya tuh satwa cuma diem. 
Selain ngeliatin, kami juga diskusi kecil-kecilan sambil pengamatan. Tapi kebanyakan sih takjub ngeliat perilaku mereka yang heboh dan udah sedikit berubah gara-gara suka ada yang ngasih makan kayaknya. Untuk satwa yang di dalam kandang mungkin jarang ada ngasih makan karena gak boleh bawa macem-macem juga kan ke Schmutzernya, tapi kalau liat di tempat gorilla, dia tuh kaya ngejilatin bungkus entah apa. aneh. Selain ungko dan gorilla tadi juga ada simpanze, owa, lutung, simpai, bekantan, orangutan, boti, mep, monyet merah, marmoset, kukang, dll. Tapi sayang gue gak liat tarsius di dalam sana.
Orangutan
Setelah puas di PPS, menjelang sholat jum'at kami menuju mesjid terdekat, namun sebelumnya gak lupa mampir beli kiko seribuan di jalan. Sambil jalan sambil ngiko itu asik banget. haha Selagi para pria ke mesjid, para wanita duduk-duduk sambil nyiapin makanan yang udah dimasak isha dirumah. Isha bagian lauk dan sayur, sedangkan agung bagian nasi. wkwk nikmat kan jalan kali ini?
tigris putih
Beres ishoma, target kami adalah ke kandang harimau! Meski awalnya pake nyasar dulu ke tempat buaya dan teman-temannnya, akhirnya sampai di kandang kucing besar itu. Diawali dengan singa afrika yang gabut karena kerjaannya tidur doang. hh gak seru. Terus jalan sebentar barulah ketemu tigris. whoooaaa gagah bener deh abah yang satu itu. ganteng. coraknya bagus dan gemuk. Kalau dari jauh sih bisa bilang kaya gitu, tapi begitu deket.. ampun mak ngibrit juga gue. haha

Harimau

Selain itu, kami juga mengunjungi kandang beruang madu dimana kami jadi teringat AK 1. haha Sayangnya, kami gak mampir ke kandang ungulata karena kaki ini sudah capek dan juga udah kepanasan apalagi kalau ke kandang ungulata.. nambah kering nanti. Akhirnya kami memutuskan untuk menuju pintu keluar setelah sebelumnya melihat kalong dan macan srilanka. Setelah keluar, kami terbagi menjadi dua tim. Tim pertama tim yang pulang langsung ke Bogor dan tim kedua main dulu ke rumah eby.
Anggit, agung, isha, nyoman dan ocha adalah tim yang harus balik lagi ke Bogor karena ada urusan yang tidak bisa ditinggal lam. Nah sisanya udah dah nyampah di pinggiran Jakarta.
Hari sudah mulai sore dan kami berniat mampir kerumah kapuj di Ps. Rebo sebelum beranjak ke Rumah eby di pinggir cibubur. Gue gak tau itu seberapa jauh, udah gak mikir pokoknya. haha Dan akhirnya dirumah kapuj kami disuguhi banyak makanan yang luar biasa. haha Awalnya sok-sok malu ngerepotin banget tapi ujungnya semua yang disuguhi abis juga. Maaf dan terimakasih ya keluarga kapuj udah rela mendapat kunjungan tiba-tiba dari para predator ini, jangan kapok ya kalau dikunjungi lagi :D

Habis mangrib kami langsung melanjutkan perjalanan menuju rumah eby. Namun, ditengah-tengah perjalanan pergantian angkot ada sesuatu yang menarik perhatian kami yaitu... pasar malam! haha Dengan semangat akhirnya pada nyebrang dan langsung bergabung dengan keramaian. Awalnya gue capek dan males banget kan pengen cepet nyampe dan istirahat tapi karena anak-anak semangat jadi kebawa semangat juga. Norak banget dah pokoknya naik yang kaya ombang ambing gitu lumayan lama juga nungguin sampai seimbang. haha Udahannya bikin mual tapi seru kok ketawa-ketiwi bareng.
Beres dari pasar malam disuruh cepet pulang sama nyokapnya eby. Yaudah sebagai mahasiswa yang baik kami pulang. 
Sampai dirumah eby.. lagi-lagi kami disuguhi berbagai macam makanan. Ampun tante.. bukannya gak mau, tapu kami masih kenyang banget. Jadi gak enak ngebiarin makanan sebanyak itu nganggur. Gak enak sama yang nyuguhin dan sama makanannya. Jadi ngerasa bersalah..
Pokoknya hari itu, sebagai mahasiswa, kami jadi ngerasa gak pernah ngerasain laper karena banyak makanan yang tersedia. Ampun. Tapi tetep aja gak mau rugi juga akhirnya makanan itu sedikit demi sedikit berkurang. Makasih juga buat seluruh keluarga eby terutama mamanya eby yang baik banget mau repot-repot nyediain makanan buat kami. Lain kali insya Allah mampir lagi..

Yah lumayan juga perjalanan kali ini seru-seruan aja. Jadi kangen dan pengen backpack lagi, seru kayanya. Mampir-mampir ke rumah temen tapi tetep bisa jalan-jalan kan asik. Mempererat silaturahmi sambil jalan-jalan. Kan seru :p

Thanks all. Thanks M9 ;3










You Might Also Like

0 komentar