tulisan awal desember 2010

Senin, Januari 03, 2011

Oke. Hari ini di pelajaran PIP gue ngobrol sama temen gue yang berasal dari Tuban, Jawa timur. Kalau lo gak tau itu dimana silakan cari infonya lewat oom google—as usual lah.
Awalnya gue bertanya dulu Tuban itu dibelah mana apakah deket dengan Surabaya dan kearah utara? Ternyata yah hampir benar. Hahaha lalu gue bertanya mengenai keadaan disana kaya apa, pariwisatanya gimana, tempat apa yang bisa dikunjungi.
Temen gue itu namanya devi—tapi gue sukanya manggil dia mba dep. Hahah peace dep. Dia ngamuk-ngamuk aja kalau di panggil mbak soalnya berasa tua katanya. Dia tinggal di Tuban dan katanya dari rumahnya hanya berjarak 1,5 km dari pantai. Ceunah mah kitu. Selanjutnya gue Tanya apakah dia betah di Bogor, udah jalan kemane aja di Bogor. Dia bilang disini beda banget sama di Tuban sana. “Kalau disana itu macet kalau ada acara besar seperti 17an, terus yang acara di pemakamannya sunan Bonang, dan lain-lain. Kalau di Bogor macet terus.” Kata depi. Gue tersenyum.
“disini ikannya gitu-gitu doang, terus mahal. Lele lagi lele lagi” tambah depi. Gue langsung ketawa. Yah betul sekali dep gue juga ampe bosen. Lalu dia ngejelasin gimana biasanya harga-harga ikan disana dan makanan ikan khas—ikan pari katanya. Tuban itu deket pantai makanya ikannya macem-macem, nah kalau di Bogor.. harga-harga ikan laut pasti udah selangit soalnya udah dioper-oper distributor.
“Udang di sini kecil-kecil udah gitu mahal, sedangkan di Tuban sana udang yang besar-besar dihargai 6000 isinya 13 tapi yang gede-gede kalau lagi musim sih emang. Heheh”lanjut depi. Katanya Kalau ada acara apapun pasti bakar ikan sampai bosen. Disini kalau mau bakar ikan, bakar dimana?!. Pilihan ikannya juga disana beragam. Ikan juga dijual murah meskipun kadang di kirim dari kota yang deket Tuban.
Lalu gue berpikir, berarti kehidupan di Tuban—maksud gue disetiap daerah pesisir itu makannya ikan melulu jadinya pinter bo. hahaha gak ding. Maksud gue, berarti konsumsi ikan di daerah pesisir gede dibanding dengan di Bogor (contohnya) soalnya harga ikan disana kan juga gak semahal disini. Kalau udah nyampe Bogor kok yah rasanya mahal bener deh disbanding dengan disana langsung. Jadinya kalau disana kan harga ikan terjangkau, sedangkan di kota (anggeplah Bogor) kan gak semua warganya bisa beli ikan soalnya harga ikan mahal. Padahal ikan kan proteinnya bagus banget. Dan setau gue konsumsi ikan—daging di Indonesia juga masih kurang. Harusnya mengkonsumsi sekian tapi belum tercapai. Kalau dipikir, Indonesia itu kan negara kepulauan yah dan lautnya juga luas kaya akan hasil laut.lah terus kenapa untuk warga Indonesia sendiri harganya suka mahal yah?
Hoh gue sih gak begitu ngerti soal perikanan laut gitu-gitu. Sok tau aja yang penting mah hahaaha tapi gue taunya dari info-info yang pernah gue denger aje ye.

You Might Also Like

0 komentar